Musrenbang Kabupaten Ponorogo 2023, Kang Bupati Sugiri Paparkan Program Prioritas Demi Wujudkan Nawa Dharma Nyata

0
5

PewartaTV, Ponorogo – Pembangunan infrastruktur, pengembangan sektor pariwisata, pemberdayaan perempuan, serta peningkatan pertanian dipaparkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berlangsung di Gedung Sasana Praja, Selasa (21/03/2023).

Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Ir. Budi Sarwoto dan segenap Forkopimda Kabupaten Ponorogo, Musrenbang Kabupaten Ponorogo dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 kali
ini mengambil tema, ‘Penguatan Kapasitas Penciptaan Nilai Tambah Produk Pertanian Sebagai Pendukung Industro Pengolahan Dan Pariwisata, Pemberdayaan Perempuan, Yang Didukung Pembangunan Infrastruktur Dan Lingkungan Yang Berkelanjutan’.

“Kita melanjutkan cikalan – cikalan yang sesuai rencana visi misi. Infrastruktur kita tuntaskan, wisata kita siapkan, semoga sesuai rencana tentunya dengan gotong royong semua pihak sehingga ada percepatan pembangunan di Ponorogo,” papar Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Menurutnya, musrenbang ini dikemas dengan menghadirkan semua unsur, dengan harapan nantinya semua bisa memiliki  terutama dalam pelaksanaan pembangunan di tahun 2024 nanti.

Disamping memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pariwisata dsn pertanian, Kang Giri bersama jajaran juga akan berupaya meningkatkan kualitas generasi muda Ponorogo agar bisa membantu jalannya pembangunan di Ponorogo terutama dalam mengatasi masalah stunting, mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

“Nanti kita akan mulai perbaikan kualitas generasi muda dengan menekan angka putus sekolah di Kabupaten Ponorogo. Dengan banyaknya waktu belajar di sekolah kami yakin jiwa dan moral serta akhlaknya bisa terbentuk,” jelasnya.

Sementara itu, untuk target yang dipatok Pemprov Jatim untuk Kabupaten Ponorogo terkait penekanan angka kemiskinan di tahun 2024 di angka 8,89 hingga 7,9 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 71,7 hingga 73,17 persen, dan pengangguran terbuka 4,97 hingga 3,82 persen, dirinya optimis bisa melakukannya bersama – sama dengan sistem gotong royong.

“Target dari Pemprov yakin bisa kita laukan dengan gotong royong semua pihak. Harapan kami, dengan musrenbang ini nantinya bisa menjadi landasan dan modal awal untuk penguatan dan pematangan pembangunan Kabupaten Ponorogo tahun 2024, sehingga Ponorogo bisa melaksanakan program pembangunan tepat sasaran sesuai rencana,” pungkasnya.

Diketahui, ada ada 8 program prioritas yang disampaikan Bupati Sugiri Sancoko untuk Ponorogo kedepan, pertama program prioritas Nilai Tukar Petani (NTP), peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan IRB, peningkatan IPM, penurunan TPT, penurunan tingkat kemiskinan, penurunan indeks gini, dan program prioritas peningkatan disparitas wilayah. (adv/ns)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini