Batik Ecoprint Hadir di Desa Jebung Kidul

0
14

Video, PewartaTV,Bondowoso – Beragam kisah menarik dan inspiratif bermunculan dikalangan masyarakat saat ini, kisah-kisah inspiratif tersebut datang dari masyarakat biasa hingga publik figur.

Salah satu kisah menarik dan insiratif kali ini datang dari Ali Samsidi, diketahui ia merupakan sosok yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari Bondowoso.

Kepala Desa ini penuh dengan ide – ide Kreatif bahkan dahulunya pernah membangun pasar rakyat hingga kini berjalan, di lahan ruko pasar rakyatnya terdapat pusat usaha batik ecoprint.

Baca Juga : Ngawi Batik Fashion Berlenggang Di Tugu Gading Kartonyono

Batik ecoprint ini merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain, kemudian kain tersebut direbus.

Untuk pemilihan kainnya sendiri harus yang berasal dari serat alami agar warna yang dihasilkan dari tanin daun mampu meresap sempurna dan tahan lama, dengan kain dan bahan warna alami akan mengurangi resiko kesehatan seperti alergi, bahkan pencemaran lingkungan dari proses pembuatan. Daun yang digunakan dapat ditemui hampir diseluruh Indonesia sebagai ciri khas flora Indonesia, seperti kayu secang, akar dan daun mengkudu, daun jati, daun jarak, serta daun ketapang.

Produk batik ecoprint Jebung Kidul dipasarkan secara offline maupun online, agar dapat bersaing dengan pasar global. batik ecoprint sendiri memiliki nilai jual yang menjanjikan guna membantu mengatasi pemuda yang belum bekerja tanpa harus merusak alam

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini