Rutan Magetan Siap Tingkatkan Pelayanan Pengaduan

0
4

PewartaTV, Magetan – Kembali mendapatkan kunjungan, Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim kali ini menerima kedatangan rombongan Tim Monev Ditjen HAM yang datang sekitar pukul 10 pagi ini (29/5/2023), rombongan yang dipimpin oleh Heny terse23but disambut hangat oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Magetan, Eries Sugianto.

Kedatangan Tim Monev Ditjen HAM kali ini bertujuan untuk meninjau pelayanan serta sarana dan prasarana di dalam Rutan. Dimulai dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) depan, dan berturut turut hingga ruang restorasi atau dapur, lingkungan blok hunian, Klinik Kesehatan, aula dan perkantoran yang semuanya tak luput dari pantauan. Selain itu, Eries Sugainto juga memperkenalkan berbagai macam inovasi di dalam Rutan mulai dari Nitip Si Jalu, Sarangan, Danis Si Hebat, Pelangi dan lain-lain.

Heny yang menjabat sebagai Analis Hukum Madya tersebut mengungkapkan kekagumannya atas kebersihan dan tata Kelola di Rutan. Selain itu, Heny juga mengaku terkejut dengan kondisi Rutan yang jauh dari perkiraan dirinya sebelumnya, karena ini baru pertama kalinya Beliau mengunjungi Rutan Magetan. “Bersih dan tertata rapi, ini bukan penjara tapi seperti wisma kelas kota, patut diacungi jempol untuk petugas Rutan Magetan,” ungkap Heny.

Kemudian, perempuan yang juga merangkap sebagai Koordinator Yankomas Kementerian Hukum dan HAM tersebut memberikan berbagai macam masukkan guna peningkatan pelayanan. “Berhubung saya saat ini merangkap sebagai koordinator Yankomas, saya berpesan untuk maksimalkan Pos Yankomas atau yang sekarang beralih nama menjadi Pos Pengaduan HAM. Sering-sering sosialisasikan kepada masyarakat agar mereka mengetahui disini ada Pos Pengaduan terkait Hak Asasi Manusia,” Jelas Heny

Dalam kunjungan kali ini, Tim Monev Ditjen HAM juga memberikan bimbingan teknis terkait website SIMASHAM yang merupakan alat bagi petugas Yankomas dalam menangani pelaporan dugaan tindak pelanggaran Hak Asasi Manusia. Dalam kegiatan bimbingan tersebut Tim duta dan petugas Yankomas secara antusias mengikuti pelatihan yang mana Pengenalan dan tata cara pelaporan melalui SIMASHAM dijelaskan secara gamblang dan rinci.

Di akhir kegiatan Karutan Eries Sugianto menyampaikan bahwa kedatangan rombongan Tim Monev Ditjen HAM membawa pandangan baru kepada Rutan Magetan terkait pelayanan kepada masyarakat untuk menuju ke arah yang lebih baik, khususnya Pelayanan Pengaduan HAM. (ik/hms)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini