Peringati Hari Lansia, Wakil Bupati Madiun Serahkan Bantuan Paket Sembako Kepada Lansia

0
5

PewartaTV, Madiun – Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto selaku Ketua Yayasan Gerontologi Abiyoso menyerahkan bantuan sembako kepada lansia bersama Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso dan Baznas Kabupaten Madiun di Ruang Rapat Praja Mukti Caruban, Senin (29/5/2023).

Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial, Agung Budiarto dan Ketua Baznas Kabupaten Madiun dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional ke-27

Sebanayk 375 paket sembako dibagikan di 15 Kecamatan. Kegiatan ini dilakukan tiap tahun dan ini bentuk kepedulian Baznas terhadap lansia.

“Jangan dilihat dari nilainya, namun dari ketulusan dan kepedulian kami, semoga bermanfaat,” Kata Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto

Dirinya mengatakan, lansia di Kabupaten Madiun masih cukup banyak yang belum memiliki kartu BPJS, padahal pemerintah sudah menyediakan anggarannya.

“Saya minta kepada para Camat untuk menyampaikan ke Kepala Desa agar segera membantu lansia yang belum memiliki BPJS. Waktu sehat memang belum butuh BPJS, nanti waktu sakit baru dibutuhkan. Kalau ada BPJS InsyaAllah terbantu,” pungkasnya

Terpisah, Agung Budiarto, Plt Dinas Sosial Kabupaten Madiun  menjelaskan berdasarkan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), jumlah lansia di Kabuapten Madiun sebanyak 53.673 orang.

Namun demikian, pihak Dinsos akan melakukan verifikasi dan validasi data karena ada kemungkinan lansia yang sudah meninggal namun belum ada surat kematiannya.

“Sembako Ini memang bantuan dari Baznas kerjasama dengan Gerontologi, namun dari APBD setiap tahunnya kita juga memberi bantuan kepada lansia dalam bentuk sembako. Kalau ada masalah sosial tentang lansia, kita dengan pilar-pilar lainnya siap membantu mereka,” ungkapnya. (ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini