Pemkab Madiun Serahkan Bantuan Perbaikan RTLH

0
4

PewartaTV, Madiun – Dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, Pemkab Madiun menyerahkan Bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).  Sebanyak 550 unit tersebut diserahkan Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto di Pendopo Muda Graha, Jum’at (22/3/2024)

“Ini merupakan bagian dari langkah percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, dan kita telah menganggarkan keuangan kita yang ada di Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam rangka untuk lebih memfokuskan penanganan sebuah kawasan yang cenderung kumuh,” ungkap  Pj Bupati Madiun

Ada beberapa kategori penerima bantuan perbaikan RTLH tersebut. Pertama dilihat langsung keadaan rumah calon penerima. Hal inilah nanti yang akan digunakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Madiun untuk menetapkan penerima bantuan RTLH.

Baca Juga : Pemkab Madiun Siaga Dapur Umum dan Bantuan Logistik Untuk Korban Banjir

“Untuk menentukan kategori penerimanya dilihat dari rumahnya dahulu, itu nanti ada indikator-indikator yang digunakan sebagai dasar Perkim untuk menetapkan penerima bantuan. Yang kedua tentunya adalah harus warga Kabupaten Madiun,” kata Tontro

Tontro Pahlawanto mengungkapkan korelasi perbaikan RTLH dengan kemiskinan ekstrem ini, akibat banyaknya masalah pendapatan rendah yang berdampak pada masalah pendidikan dan kesehatan.

“Akibat dari kemiskinan itu banyak, di antaranya yang perlu kita tangani juga masalah akibat kesehatan dan tingkat ekonomi serta stunting. Sumber stunting ini juga masalah di huniannya juga, kalau huniannya tidak layak maka orang yang menghuni di dalamnya termasuk kesehatannya juga terganggu,” ucapnya.(ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini