PAPDESI Gelar Sosialisasi Penguatan Persatuan dan Kesatuan

0
10

PewartaTV, Sumatera Utara – Ditengah keberlangsungan bulan suci ramadhan, Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Sumatera Utara (DPD PAPDESI Sumut) gelar sosialisasi penguatan persatuan dan kesatuan untuk mencegah penyebaran berita hoax ditengah masyarakat pada era digitalisasi atau Media Sosial (Medsos) saat ini.

Sosialisasi yang bertemakan “Bersama Ramadhan Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Bingkai Keberagaman Untuk Mencegah Penyebaran Berita Hoax di Medsos” tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kepala Desa Kedai Durian, Jalan Mawar/Cempaka, Desa Kedai Durian, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Senin (01/04/2024) pagi.

Baca Juga : FISI Sumut Dilantik, Buka Peluang Emas Angkat Prestasi Atlet Ice Skating

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Sumatera Utara (DPD PAPDESI Sumut), Zainul Akhyar, pada sambutannya mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan sebagai wujud tanggungjawab sebagai anak Bangsa untuk merawat persatuan dan kesatuan ditengah maraknya peredaran berita hoax ditengah masyarakat melalui Medsos.

“Belakangan ini di Media Sosial sangat luar biasa penyebaran hoax. Kita tau bahwa hoax adalah informasi yang tidak benar tapi seolah-olah menjadi benar. Oleh sebab itu, kita tidak mau Republik Indonesia ini menjadi tidak tenang dan tentram karna Medsos yang hoax. Untuk itu, kami sengaja mengundang Bapak dan Ibu untuk mewakili warga kita yang 15.000 orang, supaya nanti bisa menyampaikan kepada masyarakat agar kita ini tidak lagi ber Medsos yang berdosa. Mari ajak masyarakat luas untuk menolak berita hoax,” ucap Zainul Akhyar.

Lebih lanjut, Zainul Akhyar yang juga merupakan Kepala Desa Kedai Durian, mengajak masyarakat untuk menghargai keberagaman ditengah masyarakat karena ia menyebut Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mengandung nilai persatuan dan kesatuan.

“Kita jangan dipecah-pecahkan oleh berita-berita hoax, mari sama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, walau kita berbeda-beda namun kita telah disatukan didalam kebhinekaan dengan lambang Negara Burung Garuda,” sambungnya.

Selain itu, Zainul Akhyar juga mengingatkan warganya untuk tetap menjaga kekondusifan ditengah masyarakat pasca pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu).

“Pemilihan Presiden dan Legislatif sudah selesai dan sudah ditetapkan oleh KPU siapa pemenangnya, saya berharap untuk kita semua mari mencegah penyebaran hoax tentang Pemilu, jangan kita menjadi korban ke tidak tahuan. Jika ada yang mengajukan gugatan ke MK itu silahkan, kita sebagai warga masyarakat tidak perlu ikut campur tangan ke sana karena sudah ada aturan yang mengatur itu dan itulah gunanya konstitusi yang apapun permasalahan tentang Pemilu adalah hak daripada Mahkamah Konstitusi, tugas kita menolak berita hoax agar kita tetap tentram dan terjaga persaudaraan kita,” ujarnya.

Tokoh Agama, Ustad Kusdiantoro, SHi., yang juga merupakan Sekertaris DPD PAPDESI Sumut, pada kegiatan itu mengajak masyarakat untuk mampu berkomunikasi yang baik, karna menurutnya hanya dengan berkomunikasi yang baik terciptanya informasi yang benar tanpa hoax.

“Membangun kebersamaan, membangun kesatuan dan persatuan dimulai dari keluarga. Kita harus memulai dari diri kita sendiri untuk selalu berkata baik, sehingga tiap-tiap perkataan yang kita keluarkan selalu benar, yang pada akhirnya menjadi amal ibadah kita kepada Allah Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ucap Ustad Kusdiantoro.

Ditemui usai sosialisasi, Zainul Akhyar, kepada Wartawan mengatakan pihaknya meminta seluruh para aktivis Desa untuk bersama-sama mengajak masyarakat menolak dan tidak mengkonsumsi hoax-hoax yang beredar.

“Kepada kawan-kawan kami para pejuang Desa se Sumatera Utara di bawah naungan PAPDESI untuk juga segera mengimplementasikan yang sudah kami buat di Sumatera Utara ini agar benar-benar masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak mereka mengerti yaitu hoax,” kata Zainul Akhyar.

Bukan hanya itu, Zainul Akhyar, juga berharap kepada Pemerintah untuk selalu getol mengingatkan masyarakat menolak penyebaran hoax.

“Harapan kami kepada Pemerintah, jangan bosan-bosan terus menghimbau dan terus membimbing masyarakat agar masyarakat benar-benar mengerti tentang aturan dan larangan tentang penyebaran hoax,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, selain Ketua DPD PAPDESI Sumut, Zainul Akhyar, dan Sekertaris DPD PAPDESI Sumut, Ustad Kusdiantoro, SHi., tampak hadir jajaran pengurus dan anggota DPD PAPDESI Sumut. Kemudian, juga turut hadir Ibu-Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta puluhan Masyarakat Desa Kedai Durian. (Rizky Zulianda)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini