Meraih Penghargaan KaTa Kreatif, Kabupaten Ponorogo Siap Menjadi Bagian Unesco Creative Ceties Network

0
2

PewartaTV, Ponorogo – Kabupaten Ponorogo menerima penghargaan Kabupaten/Kota Ekonomi Kreatif (KaTa Kreatif) yang diserahkan langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersamaan dengan gelaran ‘Semarak Jejak Kreatif Indonesia 2023’ di Komplek Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Jum’at malam (19/05/2023).

Penghargaan KaTa Kreatif tersebut diberikan kepada Kabupaten Ponorogo beserta 8 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia setelah lolos dalam Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang dilakukan Kemenparekraf pada 2021 yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengatakan bahwa KaTa kreatif merupakan cikal bakal dalam membentuk kota kreatif dunia. Untuk itu, sudah sepantasnya Kabupaten Ponorogo naik peringkat menjadi bagian dari Unesco Creative Ceties Network (UCCN).

“Ada 9 kabupaten kota yang menerima plakat KaTa Kreatif tahun 2022, salah satunya adalah Kabupaten Ponorogo yang mempunyai potensi luar biasa dalam hal seni budaya dan pengembangan usaha kreatifnya,” kata Mas Menteri Sandiaga Uno.

Pihaknya juga memberikan dukungan sepenuhnya kepada Kabupaten Ponorogo agar dapat lolos menjadi Jejaring Kota Kreatif Unesco sebagai City of Craf and Folk Arts. Selain itu, dirinya juga berharap Ponorogo mampu membawa perubahan serta peningkatan ekonomi kreatif ke kancah Internasional nantinya.

Kedepan, Kabupaten Ponorogo bersama Kemenparekraf diharapkan bisa bersinergi dalam menciptakan lapangan kerja baru pasca pandemi Covid-19 terutama dibidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mari kita bersama- sama bergerak cepat dalam membangun dengan slogan 3G yakni Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), Gaspol (Garap Semua Potensi Online) demi terwujudnya 4,4 lapangan kerja baru pada 2024 mendatang,” tegas Sandiaga Uno.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko usai menerima penghargaan KaTa Kreatif mengatakan, untuk mendapatkan plakat ini tidak mudah, karena harus bersaing dengan ratusan kabupaten kota di Indonesia. Untuk itu, Kang Giri mengajak seluruh pemangku kebijakan dan pelaku ekonomi untuk lebih serius dalam mewujudkan pembangunan berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Ponorogo.

“Terima kasih Mas Menteri atas penghargaan ini, suatu kebanggaan bagi kami terutama warga Ponorogo.  Dengan ini, kami optimis dan siap menjadi bagian kota kreatif dunia,” ucap Bupati Sugiri Sancoko.

Bukan tanpa alasan, karena Ponorogo memiliki modal besar dengan kesenian adiluhung yang sudah mendunia yakni seni Reyog Ponorogo. Menurut Kang Giri, dengan adanya seni reyog tersebut telah berhasil memunculkan pelaku UMKM kreatif dibidang seni dari kalangan generasi muda berikut hasil kerajinannya.

“Kita juga memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM atas semangatnya untuk terus mengembangkan UMKM, berinovasi dan berproduksi sehingga produk-produknya bisa bersaing. Hal ini menjadi pendukung tingginya pertumbuhan ekonomi kita terutama  untuk mendukung terwujudnya kota kreatif dunia”, tandasnya. (adv/ns)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini