BRI Bondowoso Tanam Bibit Pohon di 5 Kecamatan

0
44

PewartaTV, Bondowoso – Terletak diujung timur sudut kota Bondowoso, tepatnya Desa Solor Kecamatan Cerme Bondowoso. Rabu (22/11/2023).

Memiliki potensi alam yang melimpah. Melihat potensi tersebut, BRI Branch Office Bondowoso membantu Desa Solor mengembangkan komoditas unggulan pohon Mangga melalui program BRI Menanam, Hijau lingkunganku Tumbuh kuat negeriku.

Kopi dan jahe merupakan komoditas unggulan yang telah dikembangkan sebelumnya di Desa Solor. Hasil komoditas berlimpah tersebut telah dapat membantu perekonomian masyarakat Desa.

Selain di Desa Solor ini, BRI Menanam juga serentak di beberapa Desa lainnya seperti, Desa Baratan Kecamatan Binakal, Desa Sempol Kecamatan Sempol, Desa Sukosari Kidul kecamatan Sukosari dan Desa Mengen Kecamatan Tamanan Bondowoso.

Warga Desa kemudian berkeinginan menanam pohon Mangga yang diharapkan dapat menjadi komoditas unggulan Desa Solor selanjutnya. Niat tersebut memperoleh respons positif dari BRI yang memberikan ratusan bibit pohon mangga untuk ditanam di Desa Solor Kecamatan Cerme Bondowoso melalui BRI Menanam, menjadi bagian program pemberdayaan Desa BRILian.

Program BRI menanam ini memperhatikan potensi unggulan yang dikembangkan di calon lokasi tanam serta menyesuaikan kondisi agroekologi wilayah tersebut. Pemberian bibit yang sesuai dengan komoditas unggulan yang dikembangkan serta kesesuaiannya dengan agroekologi setempat diharapkan mampu memberikan multiply effect. Selain dapat meningkatkan perekonomian, penanaman komoditas unggulan menjadi upaya untuk menjaga lingkungan seiring penyerapan karbon oleh pohon.

Program BRI Menanam diharapkan menjadi program penggerak ekonomi lokal sebagai wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat untuk menerapkan aspek-aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.(bagus)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini