Kirab Budaya Tandai  Peresmian Kantor Baru Disparbud Magetan

0
80

PewartaTV, Magetan – Kirab budaya warnai seremonial peresmian gedung kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Magetan yang baru pada, Rabu (27/12). Rombongan kirab budaya ini berjalan mulai dari gedung kantor Disparbud lama di Jalan Tripandita menuju gedung kantor Disparbud baru yang di Jalan Hasanudin Magetan.

Kirab budaya ini diikuti oleh komunitas-komunitas dan stakeholders yang berada dibawah binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan yang meliputi pengiat budaya, pelaku seni, pelaku usaha wisata serta pengiat e-craft yang ada di Magetan.

Ritual pelepasan diawali dengan ritual doa dan upacara budhalan boyong. Dimulai dari kantor lama di Jalan Tripandita, para peserta ini melakukan kirab dengan lampah hastungkara.

Dengan berbagai kostum budaya, peserta berjalan sejauh 3,5 km menuju kantor baru di Jalan Hasanudin, tepatnya di Plaza Ndoyo depan Kantor Dinas PUPR Magetan.

Dalam acara peresmian yang berlangsung di halaman kantor Disparbud baru tersebut dilakukan penyerahan bendara pataka oleh Pj. Sekdakab Magetan Hermawan kepada Kadisparbud Magetan Joko Trihono.

Kepala Disparbud Magetan, Joko Trihono mengatakan, kegiatan ini sebagai gambaran budaya adat jawa, bagaimana masyarakat dahulu saat berpindah rumah.

“Kita mencoba untuk membudayakan tradisi, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama untuk menempati tempat atau rumah baru dapat terhindar dari bala, mendapatkan keberkahan, dan dimudahkan dalam menjalankan tugas-tugas nanti,” harapnya.

Selain itu kirab budaya ini juga merupakan salah satu cara Disparbud dalam melestarikan seni dan budaya yang ada di Magetan.(ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini