Gelar Sosialisasi, KPU dan Bawaslu Kunjungi Rutan Magetan

0
2

PewartaTV, Magetan – Menyambut masa pemilihan umum tahun 2024 yang semakin dekat, Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menerima kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magetan pada Rabu (24/05/2024).

Kedatangan rombongan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Magetan terkait kegiatan pemilihan umum yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang.

Bertempat di aula Rutan, kegiatan diawali oleh sambutan Kepala Rutan Magetan, Eries Sugianto. Karutan mengatakan bahwa terdapat semangat yang sama pada Lapas maupun Rutan di seluruh Indonesia dalam menyambut tahun politik 2024.

“Kami memiliki kewajiban untuk tetap memberikan hak pilih Bapak Ibu sekalian. Ini akan menjadi bukti dan menghapus stigma di masyarakat bahwa Lapas atau Rutan menghalangi keikutsertaan WBP dalam pemilu selama ini”, ujar Karutan.

Sementara itu Ketua KPU Magetan, Fahrudin membuka secara simbolis kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bersama Warga Binaan Rutan Kelas IIB Magetan” kali ini serta menjelaskan peran KPU dalam pemilihan umum. “Kami akan memastikan seluruh Warga Indonesia mendapat Hak pilihnya, termasuk Warga Binaan Pemasyarakatan”, terangnya.

Kemudian secara berurutan dimulai dari KPU, Bawaslu dan Disdukcapil menampilkan pemateri yang memberikan sosialisasinya masing-masing. Warga Binaan tampak serius menyimak seluruh materi yang diberikan.

Kegiatan sosialisasi menjadi penting sebab Rutan Magetan akan menjadi Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus pada pemilu mendatang, dimana pemilihnya tidak perlu keluar atau menuju TPS domisilinya, namun dapat memberikan suaranya di TPS khusus tersebut.(ik/hms)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini