Daop 7 dukung “Gerakan Satu Juta Pohon”

0
46

PewartaTV, Madiun – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun secara simbolis melakukan penanaman pohon di Stasiun Geneng sebagai bentuk dukungan untuk menyukseskan program Gerakan Satu Juta Pohon dengan melakukan aksi penghijauan penanamam pohon.

Penanaman pohon di Stasiun Geneng secara simbolis dilakukan Vice President Daop 7 Mulyani, Vice President of Corporate Social Responsibility Tatang Kusdiman bersama tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Daop 7 Madiun.

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi, dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan,” ujar Vice President Daop 7, Mulyani.

Mulyani lebih lanjut mengatakan, “Untuk tahap awal di Daop 7 dilaksanakan penanaman sebanyak 638 pohon di sejumlah stasiun wilayah Daop 7 Madiun. Penanaman pohon dilaksanakan di Stasiun Kedunggalar, Magetan, Ngawi, Geneng, Walikukun, Saradan, Bagor, Sukomoro, Sembung, Sumobito, Nganjuk , Jombang, Caruban , Kertosono, Baron, Peterongan, Curahmalang.

Jenis yang ditanam di antaranya Ketapang Kencana, Pule, Pucuk Merah, Mangga, Jambu, nangka, alpukat, kelengkeng, matoa, rambutan, jambu air, tabebuya, jeruk bali, cemara udang, dan jambu kristal.

Penanaman bibit pohon tersebut, merupakan salah satu upaya KAI dalam mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. Dukungan KAI pada program Hari Gerakan Satu Juta Pohon tersebut sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

Selain itu, penanaman pohon secara serentak tersebut juga merupakan salah satu bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan KAI melalui program “KAI Go Green”.

Mulyani menjelaskan, program penghijauan melalui penanaman pohon serentak itu juga ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara. Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api.

Di samping itu, penanaman bibit pohon secara masif yang dilakukan KAI, juga merupakan salah satu upaya untuk mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang bisa mengganggu perjalanan kereta api.

“Melalui kegiatan, Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini KAI berharap dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060,” kata Mulyani.

Aksi penghijauan pada Rabu 10 Januari 2024 juga serentak dilaksanakan di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero) yang mencakup Daerah Operasi, Divisi Regional, Divisi LRT, Balai Yasa, dan Anak Perusahaan.(ik/hms)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini