Bupati Pastikan, Stok dan Harga Bahan Pokok Aman

0
7

PewartaTV, Ponorogo  – Pernah besar di kampung membuat Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko tidak canggung ketika harus keluar masuk pasar. Apalagi, ada perempuan ikut mendampingi, yakni Wakil Bupati (Wabup) Lisdyarita yang sudah terbiasa mengurusi dapur untuk memantau kecukupan stok dan pergerakan harga bahan pokok.

‘’Ketersediaan sembako (sembilan bahan pokok) mulai Ramadan sampai Lebaran insyaAllah aman,’’ kata Bupati Sugiri Sancoko, saat blusukan di Pasar Slahung, Minggu (10/3/2024). Suami Susilowati itu sempat bertanya rinci harga beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, susu, bawang merah dan bawang putih, gas elpiji, serta garam. ‘’Alhamdulillah harga beras berangsur turun,’’ imbuhnya.

Baca Juga : Peras Kepala Desa di Ponorogo, Caleg Nyaru Wartawan Diringkus Polisi

Bupati mendapati harga beras yang notabene makanan pokok mulai bertahan di nominal Rp 13.500 per kilogram dengan stok cukup melimpah. Namun, harga telur ayam naik tipis. Idem ditto (sama dengan) harga daging ayam broiler. ‘’Kecenderungan awal-awal Ramadan, tapi harga daging dan ayam kampung tidak naik. Masyarakat masih memiliki alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein,’’ terangnya.

Bupati, Wabup Lisdyarita dengan didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdagkum) Ringga Dwi Heri Irawan serta satuan tugas (satgas) pangan bergeser ke Pasar Legi serampung memantau stok dan harga bahan pokok di Pasar Slahung. Rombongan mendapati kondisi yang sama di pasar tradisional terbesar di Ponorogo itu. ‘’Stok sembako aman dan harganya stabil,’’ tegas Bupati. Pihaknya meminta masyarakat tetap bersikap tenang dan tidak memborong bahan pokok karena panik kehabisan stok (panic buying).

Bupati menjamin ketersediaan sembilan jenis bahan pokok sesuai Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 itu aman selama Ramadan hingga Ramadan. Pemerintah selama ini ketat memantau ketersediaan (stok) pangan, distribusi, stabilitas harga, dan konsumsi, ‘’Ketahanan pangan sudah menjadi isu nasional,’’ ungkap Bupati.

Sumber : Kominfo

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini