Buka Masa Orientasi CPNS Angkatan 2024, Kakanwil Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

0
4

PewartaTV, Surabaya – Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berharap Calon Pegawai Negeri Sipin (CPNS) angkatan 2024 yang baru pertama kali masuk kerja untuk punya karakter yang sesuai dengan tata nilai Kemenkumham.

Hal itu disampaikan Heni saat membuka kegiatan masa orientasi bagi 91 CPNS Angkatan 2024 di Aula Raden Wijaya, hari ini (22/4). Heni yang didampingi para kepala divisi, mengatakan bahwa masa orientasi menjadi titik poin paling penting dalam proses seleksi.

“Kegiatan orientasi ini bukan hanya sekedar penyelenggaraan kegiatan pemberian pembekalan kepada CPNS sebelum melaksanakan tugasnya,” tegas Heni.

Namun, lebih lanjut, Heni menjelaskan bahwa kegiatan orientasi CPNS ini adalah kegiatan berkelanjutan. Tujuannya untuk memberikan pembekalan sekaligus penguatan karakter kedisiplinan, integritas dan profesionalisme.

“Semua itu untuk menunjang pelaksanaan tugasnya di lapangan agar tidak mudah mendapat pengaruh negatif lingkungan kerja,” terangnya.

Untuk itu, pada kesempatan yang sama, kepala lapas/ rutan yang nantinya menerima mereka juga dihadirkan secara langsung dan daring.

“Kami berpesan secara khusus kepada seluruh kepala lapas/ rutan yang mendapatkan formasi CPNS angkatan tahun 2024 ini, juga berperan dalam pembentukan karakter yang sesuai dengan tata nilai Kemenkumham,” tegasnya.

Tata nilai yang dimaksud Heni adalah PASTI (Profesional, Akuntable, Sinergis, Transparan dan Inovatif) dan BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Sementara itu, Kadiv Administrasi Saefur Rochim menyatakan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah memberikan pembekalan terkait organisasi, tugas dan fungsi Kementerian hukum dan HAM.

“Selain itu, orientasi juga membentuk karakter CPNS yang disiplin dan berintegritas sehingga mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang Kementerian Hukum dan HAM,” terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari. Pada hari pertama, seluruh CPNS akan dibekali dengan pengenalan oleh para Pimti Pratama. Pada hari kedua, bertempat di Aula BHP Surabaya, para CPNS akan dibekali tentang kepegawaian atau manajemen sebagai seorang ASN.

Selanjutnya pada hari ketiga, empat Kepala UPT akan menjadi narasumber dalam memberikan pengenalan lingkungan terkait tusi pada pemasyarakatan. Kemudian pada hari keempat, Kantor Wilayah akan membekali para CPNS dengan ilmu PBB dan Tata Upacara yang akan dilaksanakan di halaman kantor Rupbasan Kelas I Surabaya.

“Pada hari terakhir para CPNS akan kami motivasi dengan memberikan penguatan terkait teamwork building,” jelas Rochim.

Pelaksanaan Seleksi Penerimaan telah selesai dilalui di Tahun 2023 lalu, mulai dari Pendaftaran di bulan September, Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar melalui CAT, Kesamptaan dan diakhiri dengan seleksi melalui Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) di bulan Desember.

Tercatat bahwa jumlah Pelamar yang ingin menjadi bagian dari keluarga besar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berjumlah 18.537 orang, namun yang berhasil lolos seleksi administrasi hanya berjumlah 10.715 peserta pria dan 1.733 peserta wanita selanjutnya terus mengerucut hingga mendapatkan formasi penjaga tahanan pria sejumlah 89 orang dan Penjaga Tahanan Wanita sejumlah 3 orang saja. (Redho)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini