Wali Kota Madiun Pimpin Apel Peringatan Hari Sampah Nasional

0
115

PewartaTV, Kota Madiun – Wali Kota Madiun Maidi memimpin apel Peringatan Hari Sampah Nasional  yang diikuti petugas penyapu jalan dan penarik gerobak sampah itu yang berlangsung di kawasan Wisata Sumber Umis timur, Senin (12/2/2024).

“Hari ini kita gelar apel peringatan peduli sampah nasional. Mereka ini walaupun kecil tetapi memiliki peran besar dan sangat menentukan keberhasilan kota,’’ kata Wali Kota

Wali kota memberikan apresiasinya. Setidaknya ada sebanyak 593 petugas penyapu jalan, penarik gerobak sampah, dan sejumlah tukang becak. Selain itu mereka diberikan Sembako, uang santunan, dan diajak makan bersama. Wali kota menyebut keberadaan mereka bisa disebut dengan pahlawan lingkungan.

‘’Kalau tidak ada mereka, bagaimana jadinya lingkungan tempat tinggal kita. Mereka itu tidak hina, Justru mereka itu pahlawan lingkungan,’’ tegasnya.

‘’Mereka yang sudah mau bekerja dengan bergelut sampah seperti itu harus kita apresiasi. Makanya mumpung peringatan hari sampah ini mereka kita bahagiakan,’’ ujarnya.

 Selain itu , mereka juga mendapatkan pelatihan. Khususnya dalam pengolahan sampah. Wali kota memang menyilahkan petugas sampah untuk memilah sampah untuk diolah. Hasilnya bisa menjadi tambahan penghasilan petugas penarik gerobak sampah tersebut.

‘’Ada sampah yang satu jam jadi duit, ada yang berhari-hari baru jadi duit. Nah, yang satu jam jadi duit ini misalnya botol plastik, silahkan dipilah kemudian dijual ke pengepul. Sampah plastik tidak boleh sampai di TPA. TPA biar sampah yang sifatnya bisa diolah untuk kembali ke lingkungan” tandasnya (ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini