Tingkatkan Produktifitas Petani Tembakau, Kang Bupati Sugiri Berikan Bantuan Miliaran Rupiah

0
9

Pewarta TV, Ponorogo – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memberikan bantuan prasarana pertanian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada 250 petani tembakau kepada 250 petani tembakau yang bertempat di Pendopo Agung, Senin (13/11/2023).

Bantuan miliaran rupiah tersebut digelontorkan orang nomor satu di Ponorogo untuk meningkatkan kesejahteraan dan menggenjot produktivitas petani tembakau di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Menurut Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Ponorogo Endah Widuri, mengatakan bahwa total bantuan prasarana pertanian dari DBHCHT 2023 yang diberikan mencapai 3,7 miliar. Bantuan  sumur dalam Irigasi Air Tanah Dalam  (IATD) sebanyak 15 titik, Jalan Usaha Produksi 5 titik, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) 5 titik, dan gudang pertanian 2 titik.

“Bantuan tersebut diserahkan Bupati Sugiri Sancoko kepada petani tembakau yang ada di 17 kecamatan. Dengan prioritas penyaluran di 5 kecamatan sentral tembakau meliputi Kecamatan Sampung, Jambon, Mlarak, Balong, dan Badegan,” kata Endah Widuri.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap bantuan yang disalurkan ini bisa semakin mensejahterakan petani, serta menumbuhkan minat petani-petani baru di Ponorogo.

“Dengan bantuan ini, semoga para petani  semakin sejahtera, dan produksi tembakau semakin besar tahun depan. Karena tahun ini saja lahan pertanian tembakau di Ponorogo sudah 2.500 hektar lahan yang sudah di tanami tembakau, tahun lalu cuma 500 hektar di sudah naik 5 kali lipat. Tahun depan bisa tambah lagi, tapi tidak memakan komoditas pertanian lainnya seperti padi dan jagung,” pungkas Kang Giri. (adv/ns)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini