Sinergisitas Wujudkan Pemilu Damai di Magetan Berhasil Maksimal

0
128

MAGETAN, PEWARTA – Gelaran pemilihan umum (Pemilu) 2024 serentak telah rampung digelar. Di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kontestasi politik lima tahunan ini berlangsung lancar dan damai.

Kondisi ini tak lepas dari peran serta seluruh elemen, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajarannya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya, pemerintah kabupaten (pemkab). Kemudian, kepolisian, TNI, partai politik, tim sukes, organisasi masyarakat, dan pihak lain yang terkait.

Para pihak tersebut melakukan pengawalan sejak pra, pelaksanaan hingga pasca pemilu.  Sebelum pemilu presiden dan legislatif, misalnya, Kapolres Magetan AKBP Satria Permana mewujudkan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan strategi “Cooling System”.

Kegiatan itu bertujuan ikut serta mendinginkan suhu politik tanah air, khususnya di Magetan dengan menggandeng tokoh masyarakat.

Salah satunya dengan bersilaturahmi dengan Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Magetan KH Ahmad Fathoni di Ponpes Darul Ulum, Desa Alastuwo, Poncol, Sabtu (6/1/2024) siang.

“Semakin mendekati pelaksanaan Pemilu 2024, mari berupaya agar situasinya adem ayem dan kondusif,” tutur Satria, kala itu.

Sementara, pihak KPU berusaha maksimal sebelum pencoblosan pada 14 Februari 2024 berlangsung. Salah satu tahapan yang dikebut adalah mempersiapkan logistik pemilu, mulai dari setting, packing, checking surat suara.

Ketua KPU Magetan Fahrudin mengatakan bahwa proses tersebut melibatkan puluhan pekerja. Mereka melakukan tiga tugas prioritas sebelum logistik pemilu didistribusikan ke 2012 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Magetan.

Tidak ketinggalan, Penjabat (Pj) Bupati Magetan Hergunadi bersama jajaran Forkopimda ikut memantau pelaksanaan pemilu secara langsung. Mereka meninjau TPS saat hari H pencoblosan berlangsung, 14 Februari 2024.

Lokasi yang dikunjungi adalah TPS 04 Kelurahan Kebonagung, TPS 05 Kelurahan Kepolorejo-Magetan, TPS 01 Desa Bulu-Sukomoro, TPS 04 Kelurahan Manisrejo-Karangrejo, dan TPS 05 Desa Belotan-Bendo. Selanjutnya memantau secara streaming dari Pendopo Surya Graha yang juga dihadiri Perwakilan Bakorwil Madiun

“Saya bersama dengan pak Dandim, Kajari, Asisten dan yang lainnya hari ini melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilu di beberapa TPS, dan memantau jalanya pesta demokrasi hingga selesai secara streaming dari Pendopo Surya Graha” ujar Hergunadi.

Pada waktu bersamaan, tim yang dipimpin oleh Kapolres Magetan, Forkopimda Perwakilan Lanud Iswahjudi, Perwakilan Secata, Pj Sekda Magetan, Asisten Ekonomi Pembangunan, staf ahli TPS 03 Desa Kalang, TPS 16 Desa Turi-Panekan, dan TPS 06 Desa Temboro-Karas.

Kegiatan tersebut merupakan sebagian kecil dari upaya yang dilakukan sejumlah pihak dalam menjaga pemilu berlangsung aman dan lancar. Hingga akhirnya, tujuan bersama itu terealisasi berkat sinergisitas seluruh pihak.

Pelaksanaan pemilu yang kondusif di Magetan mendapat apresiasi dari Ketua DPD Ketua DPD LDII daerah tersebut, H. Joko Pramono. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran dan keamanan Pemilu 2024.

“Kedewasaan berdemokrasi telah ditunjukkan oleh bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan Pemilu 2024 berjalan dengan aman tertib tanpa ada hambatan yang berarti,” ujar Joko Pramono di Kantor DPD LDII, Jalan Purubaya I KPR Asabri 1, Minggu (25/2/2024) malam. Ia juga mengajak seluruh masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini