Puncak Peringatan HPB  Ke-60, Rutan Magetan Gelar Upacara dan Syukuran

0
7

PewartaTV, Magetan – Puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-60 pada Jumat (27/04/2024) ditandai dengan digelarnya upacara dan syukuran secara serentak oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Indonesia, tak terkecuali Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”, upacara peringatan HBP berlangsung di lapangan Rutan. Dipimpin Kepala Subsi (Kasubsi) Pengelolaan, seluruh pegawai maupun Warga Binaan Pemasyarakatan mengikuti upacara dengan penuh khidmat.

Tanggal 27 April salah satu momen penting Pemasyarakatan yang tercatat dalam sejarah Indonesia, momen dimana konferensi jawatan kepenjaraan berupaya meruntuhkan berabad-abad pengaruh sistem kepenjaraan dan kemudian ditransformasikan menjadi sistem Pemasyarakatan.

Hal itu disampaikan Kasubsi Pengelolaan Aris Handoko saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HBP kali ini mewakili Kepala Rutan Eries Sugianto. Aris membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. “Pada hari ini kita menjadi saksi Bersama, bahwa apa yang dahulu dicita-citakan oleh para founding fathers sampai saat ini istiqomah kita kawal untuk mencapai tujuan luhur Beringin Pengayoman,” ujar Aris.

Pemasyarakatan telah memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak pada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi pelanggar hokum dan secara signifikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana.

 “Peran yang besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara professional dan secara bertanggung jawab. Peran Pemasyarakatan sebagaimana dimandatkan dalam beberapa regulasi, harus didukung dengan kelembagaan dan resources yang kuat,” tutur Aris.

Ini merupakan tantangan tugas yang tidak ringan, lanjut Aris. Juga dibutuhkan human capital atau aparatur penyelenggaraan tugas Pemasyarakatan yang memiliki motivasi, etos kerja, dan jiwa pengabdian yang mendalam.

Usai pelaksanaan upacara, seluruh pegawai bergeser menuju ke Aula Rutan untuk melaksanakan Syukuran puncak peringatan HBP yang secara simbolis dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Pejabat Struktural. Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Rutan Eries Sugianto dan beberapa perwakilan pegawai menghadiri undangan kegiatan yang sama di Lapas Kelas I Surabaya bersama Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jatim(ik/hms)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini