Picu Disinformasi, Video Viral Seorang Pemuda Rusak Motor di Magetan

0
5

PewartaTV, MagetanSetelah video viral Sarangan, kembali beredar di media sosial dari Magetan. Video yang mepertontonkan seorang anak muda mengamuk di depan sebuah dealer sepeda motor.

Anak itu menendangi, dan membanting beberapa bagian sepeda motor hinga rusak. Suara yang diduga mengambil video itu mengatakan, anak itu mengamuk karena tak dibelikan motor seperti keinginannya. Narasinya, minta motor trail tapi dibelikan matic.

Video yang tersebar luas di media sosial itu seolah-olah benar. Sehingga, mengundang komentar netizen.

“Bocah kurang bersyukur,” tulis akun kennan_keanna di kolom komentar.

Padahal, hasil penelusuran media ini, konten tersebut bagian dari promosi yang dibuat salah satu konten kreator. Dibuat di depan salah satu dealer di wilayah Kecamatan Karas.

Dinas Komunikasi dan Informatika menyesalkan video viral itu karena berpotensi menyesatkan. Kepala Dinas Kominfo Magetan, Cahaya Wijaya mengatakan, tanpa embel-embel cuplikan dari episode konten tertentu, video itu menyebabkan disinformasi.

“Video ini mengundang banhyak pertanyaan. Ini terjadi dimana, bagaimana itu terjadi. Kalau melihat cara pengambilannya sembunyi-sembunyi seperti itu. Ini bisa menyebabkan disinformasi. Mungkin niatannya baik untuk promosi, tapi bisa itu merugikan masyarakat,” jelasnya, Sabtu (17/5/2023).

Menurutnya video yang beredar itu bisa menyebabkan pesan berantai yang menyesatkan.

“Kalau ini bagian dari pemasaran, bisa jadi bumerang,” katanya.

Diskominfo Magetan mengimbau para kreator konten untuk membuat konten yang positif, dan tidak merugikan orang lain.

“Kreatif itu harus, tapi harus positif dan bertanggung jawab,” tegasnya. (far/ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini