Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Nusantara Power Up Pacitan Bersama DLH Provinsi Jawa Timur, Gelar Aksi Bersih Pantai

0
25

PewartaTV, Pacitan – PLN Nusantara Power UP Pacitan, mensupport kegiatan aksi pembersihan sampah ‘coastal clean up’ di sepanjang pesisir Pantai Pancer Door, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (11/06/2024).

Aksi yang diselenggarakan oleh DLH Provinsi Jawa Timur dan DLH Kab Pacitan itu, diikuti ratusan orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat peduli lingkungan, hingga TNI-Polri.

Terlihat, sedari pagi peserta aksi bersih pantai itu sudah memadati kawasan pesisir Pantai Pancer Door. Mereka memakai pakaian olahraga, dan berbaris memanjang sebelum memulai aksi.

Saat aksi, mereka menenteng kantong plastik besar warna hitam, dan berjalan memungut sampah apa saja yang ada di depannya. Dan, tak butuh waktu lama sepanjang pantai itu nampak bersih dan rapi.

“Setelah minggu lalu bersama masyarakat mensukseskan kegiatan program kampung iklim (Proklim), sekarang kami berkolaborasi bersama pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan,” ujar Abdi Nafi, Senior Manajer PLN Nusantara Power UP Pacitan.

Melalui kegiatan itu, Abdi berharap, semua elemen dapat berpartisipasi dalam melestarikan bumi, dan meningkatkan awareness atau kesadaran terhadap lingkungan. “Harapannya dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap lingkungan, dan beradaptasi terhadap perubahan iklim,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun mengatakan, dipilihnya Kabupaten Pacitan dalam kegiatan itu sudah melalui sejumlah tahapan.

“Kami pilih Pacitan, ini sudah melalui rapat tim. Kalau dilihat pantainya, ini kan sampah-sampah kiriman. Yang paling utama kita tuntaskan di hulunya. Jadi kita perlu kerja sama agar Pacitan makin bersih lagi,” kata Jempin.

Di satu sisi ia berharap, masyarakat atau badan usaha yang memproduksi sampah dapat mengolahnya dengan baik, sehingga persoalan tersebut bisa tuntas atau selesai cukup di tingkat desa.

“Perlunya kita menyadarkan masyarakat bagaimana mengelola lingkungan, dengan cara membuang sampah ke tempatnya. Dan pentingnya kolaborasi dengan semua pihak, agar tujuan dapat tercapai,” ungkap dia.

Aksi kepedulian dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia itu, diapresiasi oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji. Hal itu, kata dia, menandakan bahwa masyarakat masih peduli dengan lingkungan sekitar, terutama persoalan tentang sampah.

“Harapannya dengan aksi ini, lebih meningkatkan kesadaran kita bagaimana pengelolaan sampah ke depannya, syukur bisa (selesai) di tingkat keluarga,” kata bupati, menambahkan.(ton)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini