Pemkab Madiun Raih Dua Penghargaan Pada Puncak Peringatan BBGRM Ke-XX dan HKG PKK Ke-51 Jatim

0
13

PewartaTV, Madiun – Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke – XX dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG – PKK) ke – 51 tahun 2023 tingkat Jawa Timur dipusatkan di Alun – Alun Reksogati, Caruban, Kabupaten Madiun, mulai 15 – 17 Juli 2023.

Dengan mengusung  tema ” Dengan semangat gotong royong kita tingkatkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju optimis Jatim Bangkit ” tersebut Pemkab Madiun memboyong penghargaan Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yang diterima oleh Desa Kedonndong Kecamata Kebonsari  dan Pelaksana terbaik 10 program pokok PKK yang diterima Desa Ngale, Kecamatan  Pilangkenceng

Menurut Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, tema ini sangat relevan dengan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Provinsi Jatim dalam membangun ekonomi yang inklusif. Setiap individu dan kelompok memiliki kesempatan yang adil untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

” Transformasi ekonomi inklusif berarti memastikan bahwa semua lapisan masyarakat, termasuk kelompok yang rentan dan terpinggirkan, dapat merasakan dampak positif dari kemajuan ekonomi,” ujarnya.

Untuk mewujudkan transformasi ekonomi inklusif tersebut menurut Gubernur Khofifah ,  diperlukan upaya kolaboratif dari berbagai pihak. Baik Pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan lembaga pendidikan harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan sektor-sektor ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Sementara itu, untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong menuju Jawa Timur maju sejahtera telah dilaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya, penilaian pelaksana gotong royong terbaik tingkat provinsi tahun 2023 yang telah dilaksanakan dan menghasilkan 5 (lima) pelaksana terbaik kategori desa dan 3 (tiga) pelaksana terbaik kategori kelurahan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jatim juga menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) program Jatim Puspa, Desa Berdaya dan Pemberdayaan BUMDes pada Pemkab Madiun senilai Rp 966.875.000 yang diterima Bupati Madiun Bupati Madiun, Ahmad Dawami.

Sementara itu, Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, karena Kabupaten Madiun terpilih menjadi tuan rumah BBGRM ke – XX dan HKG – PKK ke – 51.

” Puncak peringatan BBGRM ke – XX dan HKG – PKK ke – 51 ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Madiun yang ke- 455. Mohon doanya semoga semuanya dapat ridho dari Allah SWT, ” ungkap Bupati Madiun.

Menurutnya, BBGRM ini satu satunya di Indonesia yang masih tetap dipertahankan di Jawa Timur. Semangat inilah nantinya yang akan dipakai untuk mengedukasi masyarakat yang ada di bawah untuk terus mempertahankan gotong royong dan dengan semangat itulah untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada di Kabupaten Madiun.

” Acara ini representasi bahwa seluruh permasalahan bisa terselesaikan dengan gotong royong, ” pungkasnya

Sebagai informasi, Berikut Penghargaan Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi Jatim

A. Katagori Desa

1. Juara Terbaik I, yaitu Desa Wonosidi, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan ;

2. Juara Terbaik II, yaitu Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun ;

3. Juara Terbaik III, yaitu Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto ;

4. Juara Terbaik IV, yaitu Desa Sumberadem Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang ;

5. Juara Terbaik V, yaitu Desa Suruh, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek.

B. Kategori Kelurahan

1. Juara Terbaik I, yaitu Kelurahan Gayungan, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya ;

2. Juara Terbaik II, yaitu Kelurahan Bendo, Kecamatan, Kepanjenkidul, Kota Blitar ;

3. Juara Terbaik III, yaitu Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK

A. Pelaksana Terbaik 10 program pokok PKK Kategori Desa

1. Juara Terbaik I, yaitu Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu ;

2. Juara Terbaik II, yaitu Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun ;

3. Juara Terbaik III, yaitu Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

B. Pelaksana Terbaik 10 program pokok PKK Kategori  Kategori Kelurahan

1. Juara Terbaik I, yaitu Kelurahan Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun ;

2. Juara Terbaik II, yaitu Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen kidul, Kota Blitar ; 3. Juara Terbaik III, yaitu Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. (ik/adv)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini