Pemkab Kediri Serahkan PLTS ke Ponpes Hidayatul Mubtadien Lirboyo Pagung

0
10

PewartaTV, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Bagian Perekonomian menggelar sosialisasi dan penyerahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Roof Top untuk Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Cabang Lirboyo 1, Desa Pagung, Kecamatan Semen (17/4).

PLTS ini merupakan bantuan kedua yang diserahkan setelah tahun sebelumnya telah terpasang untuk Pondok Pesantren Darut Taaibin di Kelurahan Pare, Kecamatan Pare. PLTS ini adalah energi baru terbarukan dan sumber energi yang ramah lingkungan karena memanfaatkan sinar matahari.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito, melalui Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kediri, Sujud Winarko, menyampaikan ini merupakan program yang diharapkan nanti bisa mengurangi beban operasional tagihan listrik.

“Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Kediri hadir lewat program Mas Bupati Kediri membantu untuk operasional listrik dan sekaligus bisa mengurangi pemanasan global,” pungkas Sujud.

Dalam kesempatan ini Sujud Winarko juga menyampaikan selain tentunya belajar agama alangkah baiknya ditambah pendidikan umum untuk mendapatkan ijazah setara SMP atau SMA.

“Maka dari itu pada kesempatan ini bisa kerjasama dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) untuk belajar dan itu pendidikanya gratis dan nanti ujianya nanti disamakan dengan paket B setara SMP dan paket C setara SMA nanti setelah lulus pondok bisa meneruskan ke Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Sementara itu pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Cabang Lirboyo 1 Kyai Salim mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas bantuan yang diberikan.

“Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas bantuan PLTS yang diberikan insyAllah santri akan betul-betul menggunakan dan merawat dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan bisa membantu operasional listrik bagi santri,” ucap Kyai Salim.

Untuk diketahui PLTS yang terpasang di pondok Hidayatul Mubtadien Cabang Lirboyo 1 ini menghasilkan daya 4.400 WP dengan 8 Panel Surya.

Untuk perawatan sendiri sangat mudah hanya menyalakan sistem pendingin akan menyemprotkan air ke panel jika panel surya berdebu.(nof)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini