Pastikan Pilkades Serentak 2023 Berjalan Aman, Polres Magetan Gelar Rakor

0
6

PewartaTV, Magetan – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Magetan tinggal menghitung hari, tepatnya di tanggal 12 September mendatang, Polres Magetan memastikan Kesiapan Pengamanan.

“Pilkades diharap tak hanya sekedar menggugurkan kewajiban.”

Hal ini disampaikan Bupati Magetan saat Rapat Koordinasi Pengamanan Pilkades Serentak bersama unsur Forkopimda dan lintas sektoral terkait di Wilayah Kabupaten Magetan, di Aula Pesat Gatra Polres Magetan, Senin (28/08/2023).

Bupati Magetan Suprawoto menggaungkan parameter kesuksesan Pilkades melalui Tri Sukses. “Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Ekonomi,” sebutnya.

Saat yang sama, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan SIK MSi menjelaskan, terdapat potensi yang harus diwaspadai dalam pelaksanaan Pilkades serentak September bulan depan.

“Potensi yang harus diwaspadai adalah mobilisasi massa, karena desa kecil dalam artian pasti banyak masuk pendukung dari kubu “a” atau kubu “b” sehingga banyak provokasi,” terangnya.

Untuk itu, Kapolres memastikan akan memaksimalkan peran serta Babinsa dan Babinkantibmas sebagai ujung tombak di lapangan untuk mengantisipasi munculnya konflik sosial antar calon pendukung.

“Dibutuhkan peran serta Babinsa dan Babinkantibmas untuk menetralisir, Jangan ada lagi satu desa gara-gara Pilkades kemudian terpecah karena beda pilihan hingga menimbulkan konflik,” ungkap Kapolres Magetan.

Lebih lanjut, Kapolres juga menyebut akan menerjunkan 519 personil guna mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak agar aman dan kondusif, termasuk pengamanan pergeseran alat penunjang.

“Kami juga diback up dari Brimob Polda Jatim sejumlah 100 personil untuk pengamanan apabila terdapat situasi yang tidak diinginkan. Serta akan ada asistensi dari Biro Ops Polda maupun dari jajaran Rayon Madiun yang akan membackup dengan Siaga On Call,” pungkas Kapolres (ik/hms)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini