Pantau Arus Balik Lebaran, Mas Dhito Sambangi Pos Pelayanan Simpang Mengkreng

Komentar
X
Bagikan

PewartaTV, Kediri – Memastikan arus balik lebaran yang melintasi Kabupaten Kediri dalam kondisi aman dan lancar, Bupati Hanindhito Himawan Pramana melakukan pemantauan langsung di pos pelayanan Simpang Mengkreng.

Pemantauan arus lalu lintas yang berada di wilayah Kecamatan Purwoasri itu, Mas Dhito, sapaan akrab bupati Kediri didampingi Kepala Kepolisian Resort Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Joko Suwono.

“Kita terus berkoordinasi dan tadi sore kurang lebih 3-4 kilo (kepadatan arus) tapi masih bisa diurai,” kata Mas Dhito, Senin (24/4/2023) malam.

Simpang Mengkreng menjadi lokasi yang rawan terjadi penumpukan kendaraan. Selain karena peningkatan volume kendaraan, penumpukan bisa terjadi karena lokasinya yang terdapat jalur perlintasan kereta api.

Kondisi arus lalu lintas yang rawan padat kendaraan itu, pengemudi diharapkan tetap dalam kondisi prima. Terlebih saat ini sudah mendekati puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Selasa (25/4) besuk.

“Kita terus mendoakan dan mengimbau teman-teman pemudik kalau ngantuk istirahat, jangan dipaksakan,” pesan Mas Dhito.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan, Pemerintah Kabupaten Kediri bersinergi dengan kepolisian dan relawan baik itu dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Dari pantauan, selain pemudik yang akan meninggalkan kampung halaman, arus lalu lintas juga terlihat masih dipadati masyarakat yang ingin bersilaturahmi ke kerabat.

Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di Simpang Mengkreng, petugas menyiapkan skema dengan melakukan pengalihan arus mulai dari simpang empat Papar.

Skema tersebut yakni kendaraan dari arah Kediri menuju Jombang atau Surabaya di simpang empat Papar dialihkan ke arah timur melalui Kunjang-Pare. Sedang, tujuan Madiun-Nganjuk dialihkan ke arah barat langsung ke Nganjuk.

Kepala Kepolisian Resort Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho menuturkan, demi kelancaran perjalanan saat arus balik lebaran, selain upaya yang dilakukan petugas, masyarakat diharapkan dapat mencari informasi terkait kondisi jalur yang akan dilewati.

“Kami mengimbau kepada pengemudi agar mencari informasi melalui media sosial, media elektronik terkait arus lalu lintas jalur yang akan dilewati agar menghindari jalur-jalur yang padat dan menggunakan jalur-jalur alternatif,” pesannya.

Sementara, dalam pemantauan yang dilakukan malam itu, Bupati Kediri juga memberikan bingkisan kepada para petugas di pos pelayanan. Mas Dhito menyampaikan apresiasinya kepada petugas yang tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(nof)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *