Masuk Nominasi 3 Besar Lomba Kampung KB, Desa Bogoarum Terima Kunjungan Lapang Tim Penilai Provinsi

0
114

PewartaTV, Magetan – Diwakili Desa Bogoarum, Kecamatan Plaosan, Magetan menjadi salah satu dari 3 Kabupaten  di Jawa Timur yang berhasil masuk dalam 3 besar pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur.

Setelah melalui tahapan seleksi awal pada bulan Februari, Desa Bogoarum,Kecamatan Plaosan,  hari ini, Selasa (19/3/2024 ) menerima kunjungan lapangan dari Tim Penilai Provinsi.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP-PA) Kabupaten Magetan Miftahudin mengatakan bahwa setelah melakukan beberapa kali evaluasi, Desa Bogoarum telah berhasil melewati tahap penilaian awal melalui website.

Miftahudin menjelaskan, kampung KB rintisan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berisi integrasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Diharap ini mampu meningkatkan kualitas masyarakat dan menjawab permasalahan kependudukan yang ada di suatu desa.

Miftahuddin menambakan,  terbentuk tahun 2016 silam, kini Kabupaten Magetan telah memiliki sebanyak 188 Kampung KB. Hal tersebut sejalan dengan keinginan mandiri dari Camat atau Kepala Desa yang ingin wilayahnya berstatus Kampung KB, pihaknya juga terus mendorong lewat gelaran pertemuan rutin

Miftahudin menargetkan Kampung KB Desa Bogoarum bisa mendapatkan juara pertama . “Alhamdulillah Desa Bogoarum  masuk dalam 3 besar. Mudah-mudahan dari penilaian ini, kita mendapatkan hasil yang diharapkan, yaitu Juara 1 tingkat Provinsi. Kita satu kekuatan, Insyaallah nanti bisa berangkat ke tingkat nasional,” ujarnya.

Pembina Program KSPK Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Yuni Dwi Tjadikijanto mengatakan, Desa Bogoarum telah berhasil melewati tahap penilaian awal melalui website.

“Kami kesini terkait peninjauan lapangan Kampung KB. Nantinya satu juara terpilih akan mewakili provinsi dan lanjut ke tingkat nasional,” jelasnya.

Yuni menilai kegiatan Kampung KB di Desa Bogoarum secara umum telah mewujudkan sinergi dan sistem yang terintegrasi. Ini sejalan dengan tujuan bahwa program Kampung KB merupakan milik bersama lintas sektor dan masyarakat.

“Diharapkan Kampung KB dapat menjawab permasalahan yang ada di desa sekaligus meningkatkan kualitas dengan adanya kelompok kegiatan,” harapnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Magetan Hergunadi optimis bahwa 1 dari 188 desa di Magetan yang telah menjadi Kampung KB tersebut dapat meraih juara pertama. Namun lebih daripada itu, pihaknya mengapresiasi atas dampak dari adanya Kampung KB bagi masyarakat.

“Bukan hanya prestasi nilai yang kami harapkan, tapi tentunya dampak dari Kampung KB telah menjadikan masyarakat lebih produktif dan kreatif sehingga inovasinya dapat tersalurkan,” ungkapnya.(ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini