Kabupaten Madiun Masuk 10 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023

0
23

PewartaTV, Madiun Menjelang akhir tahun Kabupaten Madiun mendapat kado istimewa dan mendapatkan piagam penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia pada kontes Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, Disparpora Kabupaten Madiun, Hamzah Nugrohanto, mengatakan, pada lomba Desa Wisata Nusantara pada tahun ini Kabupaten Madiun meraih prestasi peringkat terbaik ke 7 Kategori kedua (Desa Maju atau Mandiri) sektor pariwisata.

“Dalam kompetisi tahun ini Kabupaten Madiun di wakili Desa Kare, Kecamatan Kare,” Kata Kabid Pengembangan Pariwisata, Disparpora Kabupaten Madiun, Kamis (30/11/2023).

Menurut Hamzah, penyerahan piagam penghargaan lomba Desa Wisata Nusantara dilaksanakan oleh kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, pada acara Malam Penganugerahan Desa Wisata Nusantara, di Senggigi, Nusa Tenggara Barat, 23 – 25 November 2023.

“Untuk penilaian lomba dilaksanakan sejak bulan Juli hingga November 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 2007 desa se Indonesia. Dan Alhamdulillah Desa Kare masuk sepuluh besar di peringkat 7 terbaik,” ujar Hamzah.

Lebih lanjut, Dia, mengatakan prestasi luar biasa yang dicapai desa Kare, tak lepas dari peran aktif masyarakat dan dukungan dari Pemkab Madiun melalui Dinas Parpora dalam hal pengembangan pariwisata yang saat ini sedang di kampayekan melalui slogan ‘Madiun Kampung Pesilat Indonesia’.

“Dan Desa Kare merupakan salah satu desa binaan Dinas Parpora yang cukup berhasil mengembangkan dan pemberdayaan potensi wisata hingga mampu meraih prestasi luar biasa ini,” katanya.

Dia, mengungkapkan Kabupaten Madiun mamsih memiliki banyak Sumber Daya Alam (SDM) dan obyek wisata yang dinilai mampu membawa Kabupaten Madiun mencapai prestasi yang lebih tinggi dan mampu bersaing di laga Nasional maupun Internasional.

“Masih banyak potensi potensi alam sektor pariwisata yang terus kita gali untuk kemajuan Kabupaten Madiun. Secara otomatis jika sektor pariwisata berkembang akan meningkatkan perekonomian di masyarakat,” ungkapnya.

Piagam Satya Lencana Bhakti Pembangunan Desa, diserahkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dan diterima oleh Pejabat Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto pada Malam Anugerah Lomba Desa Wisata Nusantara di Senggigi, Nusa Tenggara Barat.

“Selanjutnya melalui Dinas Parpora sedang meneliti sebuah situs di Selingkar Wilis yakni jalan atau rute perjalanan Panglima Besar Jendral Sudirman saat melakukan perang gerilya di lereng gunung Wilis,” terang Hamzah.

Dia, berharap dengan prestasi yang diraih mampu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui pariwisata berbasis community Bus Tourism (CBT) atau pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat. Dan masyarakat dapat berperan aktif dan lebih efisien menggerakkan perekonomian.(lem/ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini