Cegah DBD, Lanal Ranai Lakukan Fogging

0
15

Natuna – Kepri – Dalam rangka upaya pencegahan bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD), Balai Kesehatan (BK) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai melakukan fogging di Mako Lanal Ranai, lingkungan perumahan dinas (Rumdis) TNI AL dan Mess Tidur Dalam Prajurit Lanal Ranai Jl. Yos Sudarso No. 01, Kelurahan Batu Hitam, Kec. Bunguran Timur Kab. Natuna.
Sabtu (24/02/2024)

Pelaksaanaan fogging dipimpin oleh Kepala Balai Kesehatan Lanal Ranai Lettu Laut (K) Kastari, A.Md., Kep. bersama personel Balai Kesehatan Lanal Ranai melakukan fogging atau pengasapan di lingkungan Mako Lanal Ranai, Rumdis TNI AL dan Mess Prajurit Tidur Dalam Lanal Ranai mulai dari halaman rumah, taman, drainase dan tempat – tempat dibagian dalam yang dapat dijadikan sebagai sarang nyamuk.

Fogging atau pengasapan yang dilakukan oleh Personel Balai Kesehatan Lanal Ranai adalah tindakan pengasapan dengan bahan Pestisida pengendalian vector penyakit pada manusia yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna menghimbau tentang kewaspadaan wabah DBD (Demam Berdarah Dengue) kepada seluruh masyarakat, dikarenakan sudah terjadi 22 kasus DBD pada periode Januari sampai Februari 2024. Oleh sebab itu Lanal Ranai sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan dilaksanakan fogging di lingkungan Lanal Ranai.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman, mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar tercipta lingkungan Lanal Ranai, perumahan dinas TNI AL dan Mess Tidur Dalam Prajurit Lanal Ranai yang bersih dan sehat.

Lebih lanjut, Komandan Lanal Ranai mengatakan saat musim penghujan kemarin banyak genangan air yang bisa menjadikan tempat sarang nyamuk, oleh karenanya menghimbau kepada seluruh prajurit dan keluarganya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan aktivitas 3M, yaitu menguras dan membersihkan tempat yang menjadi penampungan air, serta menutup secara rapat tempat – tempat penampungan air tersebut agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue.
(Mhmnd)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini