Ajak Perangi Informasi Hoaks, Bupati Sugiri Kukuhkan Pengurus KKD Ponorogo

0
10

PewartaTV, Ponorogo – Bupati Sugiri Sancoko resmi mengukuhkan pengurus Komite Komunikasi Digital (KKD) Kabupaten Ponorogo yang beranggotakan lintas profesi dan kemasyarakatan di Pendopo Agung, Rabu (26/07/2023).

KKD sendiri merupakan benteng daerah dalam melakukan pencegahan dan penindakan informasi yang beredar di masyarakat, terutama maraknya berita hoaks saat ini.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut, segenap Forkopimda Ponorogo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin dan Ketua Harian KKD Jatim Arief Rahman.

Kang Bupati Sugiri menjelaskan bahwa berita Hoaks atau disinformasi merupakan hal yang selalu ada dan beredar cepat di masyarakat, maka dibentuklah KKD untuk pencegahannya.

“Saat ini kita sedang berada di jaman digital. Semua berita apapun bisa kita terima dengan cepat, termasuk berita hoaks. Untuk itu kita bentuk KKD ini, agar nantinya bisa menyaring berita yang tidak benar,” jelas Kang Giri.

Menurutnya, Ponorogo menjadi kabupaten atau kota ke-11 di Jawa Timur yang sudah mengukuhkan kepengurusan KKD. Dirinya berharap dengan KKD yang digagas Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini menjadi langkah yang baik kedepannya.

Selain itu, KKD juga memiliki tugas serta fungsi menindaklanjuti pengaduan masyarakat atas temuan berita bohong, disinformasi, dan misinformasi yang memerlukan penanganan lebih lanjut. Untuk itu, Kang Bupati Sugiri berharap kepada seluruh pengurus agar bisa bekerja maksimal memberikan informasi positif kepada masyarakat karena dalam bermedsos tidak ada undang – undangnya, berbeda dengan produk jurnalistik.

“Semoga seluruh pengurus KKD Kabupaten Ponorogo bisa bekerja maksimal terutama dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat. Mari bersama sama kita perang dan meminimalisir adanya berita hoaks,” pungkasnya. (adv/ns)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini