ADVETORIALSerba - serbi

Wali Kota Madiun Maidi Beri Pelatihan Outdoor Learning Bagi Guru

Pelatihan Outdoor Learning Bagi Guru SD dan SMP Kota Madiun

KOTA MADIUN, Pewarta  –  Pemerintah Kota(Pemkot ) Madiun terus memaksimalkan pembelajaran luar kelas. Konsep belajar di luar ruang itu dirasa tepat dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Karenanya, konsep outdoor learning terus dioptimalkan. Begitu juga dengan tenaga pendidiknya.

Oleh karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Pendidikan menggelar Pelatihan Outdoor Learning  yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 15 hingga 17 Februari 2022 di Pusdikbang Perhutani yang diikuti 70 peserta guru SD dan SMP di Kota Madiun

Wali Kota Madiun Maidi yang turut memberikan materi Pelatihan Outdoor Learning bagi Guru SD dan SMP Kota Madiun itu berharap peserta dapat mengikuti dengan serius dan maksimal.

‘’Guru itu agen perubahan. Orang-orang yang punya ide-ide perubahan itu juga pelajar yang mendapatkan ilmu dari guru,’’ kata wali kota dalam pelatihan yang berlangsung di Pusdikbang Perhutani, Kamis (17/2/2022).

Wali kota menambahkan peran guru cukup vital. Artinya, tidak dapat ditinggalkan dalam pengembangan perubahan-perubahan ke depan. Karenanya, guru juga harus selalu meningkatkan kompetensi diri. Harapannya, kualitas peserta didik yang dihasilkan juga semakin optimal.

‘’Guru harus segera tanggap dengan kondisi terkini. Kalau saat ini Covid-19, belajar di dalam kelas bisa menjadi sumber penularan, maka harus sigap untuk merubah pembelajaran di luar kelas. Apa yang harus dilakukan sudah harus dipahami masing-masing,’’ ungkapnya.

Wali kota juga mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan. Biarpun pembelajaran di luar kelas, protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan. Bahkan, wali kota menyebut harus terus ditingkatkan. Apalagi, pandemi masih menjadi ancaman nyata saat ini. Kasus kembali meninggi. Tak sedikit yang sudah menjangkiti anak sekolah.

‘’Saat ini kita memang masih PTM secara terbatas. Tetapi sesekali kita selingi dengan outdoor learning. Konsep-konsep ini kita susun, agar pendidikan tetap berjalan maksimal biarpun masih pandemi,’’ pungkasnya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lisnawatii, S. Pd., M. Pd menambahkan digelarnya pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas  Sumber Daya Manusia ( SDM) Guru yang sangat menetukan kualitas pendidikan

“ Bahwa pendidikan yang bermutu dan berkualitas tidak lepas  dari proses pembelajaran yang berlangsung didalamnya, guru harus mampu memilih metode dan teknik pembelajaran luar ruang yang tepat sekaliigus mengimplentasikan  dalam pembelajaran sehari-hari. Guru juga harus mampu merancang desain belajar luar ruangan yang bersifat interaktif, holistik,  interdaktif,  kontekstual, tematik, efektif, kolaburatif dan terpusat dalam peserta didik” pungkasnya (ik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button