PERISTIWAPeristiwa

Video – Diserang Wereng, Ratusan Hektar Tanaman Padi Di Ngawi Gagal Panen

Beginilah kondisi tanaman padi milik para petani di Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.  Tanaman padi berusia 60 hingga 70 hari ini puso setelah terdampak hama wereng. Kondisi diperparah dengan cuaca yang tidak menentu, sehingga serangan hama wereng semakin menjadi. Padi yang harusnya sudah berbuah ini mati.

Salah seorang petani Herman mengatakan musim tanam kedua ini petani gagal panen akibat terserang hama wereng. Ia menanam padi seluas 6 hektar. Biaya yang sudah dikeluarkan mencapai 60 juta rupiah.  Kini ia tidak bisa menggarap sawahnya lagi karena kehabisan modal.  Di desanya ada ratusan hektar tanaman padi yang gagal panen.

Serupa disampaikan Suharto petani lainnya, meski sudah dilakukan penyemprotan, hama wereng tetap menyerang tanaman padi mereka. Akibat gagal panen ini petani mengalami kerugian cukup besar. Tanaman padi kini hanya bisa dijadikan pakan ternak.

Para petani hanya bisa berharap pemerintah setempat turun tangan membantu beban mereka. Apalagi modal yang mereka gunakan pada musim tanam kedua ini hasil pinjaman dari bank.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button