Usulan UMK Kabupaten Ngawi TahunDisepakati Naik Jadi Rp 2.241.042

0
115

PewartaTV, Ngawi – Dewan Pengupahan Kabupaten Ngawi  bersepakat mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) 2024 sebesar Rp 2.241.042 naik dari saat ini Rp 2.158.844. Dalam rapat pleno Dewan Pengupahan Ngawi pada Kamis (23/11) kemarin, lembaga non-struktural itu menyepakati usulan kenaikan UMK sebesar Rp 82.198.Padahal sebelumnya, estimasi kenaikan UMK sebelumnya hanya Rp 20 ribu.

Menurut Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Tenaga Kerja (DPPTK) Ngawi Supriyadi  mengatakan penghitungan UMK dihitung dengan formula upah minimum tahun sebelumnya ditambah dengan penyesuaian dari unsur inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan Indeks tertentu . Formula tersebut didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 51/2023 tentang Perubahan atas PP No. 36/2021 tentang Pengupahan.

“Jadi, usulan UMK tahun depan Rp 2.241.042 dari saat ini Rp 2.158.844, dengan tiga variabel hitung UMK, yakni inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu.’’ kata Kabid Tenaga Kerja Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Tenaga Kerja (DPPTK) Ngawi Supriyadi.

Supriyadi menjelaskan , sebelumnya, inflasi tidak masuk landasan hitung. Pasalnya, tingkat konsumsi rata-rata per kapita kabupaten ini lebih rendah dari UMK berjalan.Pada akhirnya, inflasi sebesar 3,01 akhirnya dipakai usai berkomunikasi dengan daerah lain yang mengalami kondisi serupa.

‘’ Setelah komunikasi dengan daerah lain, kita mengikuti  tetap memasukkan inflasi. Karena kalau tidak, kenaikan upah sangat tidak layak,’’ terangnya

Supriyadi menyebut, usulan UMK ini merupakan hasil rapat pleno yang melibatkan perwakilan serikat pekerja, pengusaha, dan unsur lainya. Muncul dinamika dalam rapat tersebut, namun besaran usulan UMK akhirnya disepakati,” ujarnya.

“  Hasil rapat pleno akan diserahkan ke Dewan Pengupahan Jawa Timur. Besaran usulan masih dapat berubah. ‘’Bisa jadi bertambah atau justru berkurang,’’ tutupnya (ik/adv)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini