Serba - serbi

Tingkatkan Sumber Daya Aparatur Pemerintah, Diskominfo Magetan Gelar Rakor Publikasi

MAGETAN, Pewarta –  Untuk meningkatkan koordinasi, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pemerintah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magetan menggelar rapat koordinasi publikasi di Ruang Rapat Ki Mageti, Setdakab Magetan, Kamis (04/11/2021).

Rakor tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Drs. Iswahyudi Yulianto M.Si, hadir dalam acara ini Kepala Diskominfo serta para pengelola akun medsos OPD seluruh Kabupaten Magetan baik dari Dinas/Kantor/Badan/Kecamatan . dengan menghadirkan narasumber Dr. Drs. Suko Widodo, M.Si, Pakar Komunikasi dari Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Airlanga Surabaya dan Kepala Diskominfo Magetan Cahaya Wijaya


Suko menjelaskan bahwa sebagai ASN harus mau beradaptasi. Tanpa kemauan untuk beradaptasi, akan tertinggal dari pemerintah daerah lainnya. “Di sekitar kita semuanya berubah. Hal ini lah yang membuat kita harus mengubah kebiasaan kita dalam beradaptasi dengan teknologi informasi dan komunikasi. Kalau tidak mau beradaptasi, ya sudah siap-siap tertinggal dan tidak berkembang.” ujar Suko dalam Rapat Koordinasi Publikasi dengan tema “Strategi Membangun Kepercayaan Melalui Publikasi” di Ruang Rapat Ki Mageti, Setdakab Magetan, Kamis (04/11/2021).

Lebih lanjut, Suko memberikan hal terpenting dari kegiatan publikasi. Riset komunikasi sangat diperlukan sebelum action publikasi. “Tidak perlu riset mahal-mahal. Coba datang ke lapangan, masyarakat butuh apa. Jika sudah terpetakan baru melakukan perencanaan publikasi.” Pungkas Suko.

Pemateri kedua, Kepala Diskominfo  Cahaya Wijaya menjelaskan mengenai strategi publikasi. Pertama, OPD harus mampu mengidentifikasi isu yang sedang dibicarakan oleh masyarakat. Kedua, menentukan tujuan dari publikasi. Ketiga, harus dapat menentukan media dan target khalayak. Cahaya berharap dengan diadakan Rakoor ini akan terbentuknya sinergitas untuk mencapai visi Magetan Smart, meningkatkan komunikasi dan koordinasi yang baik antar OPD. Baik melalui media sosial, laman resmi maupun media mainstream milik OPD.(ik/Diskominfo )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!