Terjadi Gempa, Warga Maospati Berhamburan

0
117

PewartaTV, Magetan – Puluhan warga yang sedang berada di kantor Kecamatan Maospati berhamburan. Hal tersebut dikarenakan terjadi gempa
Nampak terlihat warga berlarian keluar ruangan dengan berlari dan panik. Namun hal tersebut hanyalah sebuah simulasi yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024

Simulasi digelar untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan potensi bencana di Kabupaten Magetan. Dengan mengusung tema “ Tingkatkan Ketangguhan Desa atau Kelurahan, Kurangi Risiko Bencana” .

Hari Kesiapsiagaan Bencana diperingati setiap tanggal 26 April sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Hari Kesiapsiagaan Bencana menjadi salah satu tonggak sejarah penting dalam penanggulangan bencana di Indonesia yang lebih baik. Setiap tahunnya ditekankan untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan, pencegahan dan kewaspadaan masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi potensi bencana, serta mendorong semangat kerelawanan, gotong royong, meningkatkan partisipasi publik dan peran aktif masyarakat menjadi budaya sadar bencana.

Selain itu menjadi media edukasi dan sosialisasi respon awal kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Camat Maospati mengatakan Program Kesiapsiagaan Bencana dilakukan guna meminimalisir ancaman bencana, meminimalisir kerentanan masyarakat, meminimalisir akibat dan dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.(*)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini