PEMERINTAHANPeristiwa

Tekan Inflasi Jelang Lebaran, Bupati Magetan Ikuti High Level Meeting dan Rakor Wilayah TPID Jatim

Magetan, Pewarta – Saat Ramadan dan jelang lebaran inflasi sejumlah barang kebutuhan jadi ancaman. Butuh penanganan segera agar inflasi tak terjadi. Karenanya, High Level Meeting dan Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur digelar, Selasa (27/4) sore. Kegiatan yang dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa itu juga diikuti pejabat daerah dan kepala OPD terkait secara virtual dari daerah masing-masing. Tak terkecuali  Bupati Magetan Suprawoto, Sekretaris Daerah dan pimpinan OPD terkait mengikuti di ruang jamuan Pendapa Surya Graha.

Gubernur Jatim Khofifah mengatakan butuh adanya evaluasi, pengawasan, dan koordinasi antar pihak terkait agar tak terjadi inflasi. Terutama kebutuhan pokok yang banyak diburu saat Ramadhan dan jelang lebaran. Kendati pemerintah melarang mudik lebaran, kenaikan harga sejumlah komoditi masih cukup mungkin terjadi. Bahkan, sudah mulai yang terjadi lonjakan saat ini. Salah satunya, ayam potong. Harga ayam potong sudah sedikit melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

‘’Karenanya ini butuh sinergitas bersama termasuk kepala daerah tingkat dua dengan pihak-pihak terkait untuk segera menjaga itu dengan pasokan yang stabil agar harga terjangkau. Namun, kualitas juga harus tetap baik,’’ kata gubernur.

.Disampaikan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur bahwa rapat koordinasi tersebut penting untuk membangun koordinasi dalam mengatasi dinamika harga kebutuhan pokok. Dua pekerjaan penting yaitu menjaga ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga.

.Ada beberapa langkah strategis yang diambil untuk mengatasi inflasi di Jawa Timur antara lain : menjaga inflasi di kisaran 3-5 %, memperkuat koordinasi pemerintah pusat dengan daerah, memperkuat sinergi antara kementerian dengan pemerintah daerah, memperkuat ketahanan pangan dan antisipasi dampak banjir, serta menjaga cadangan beras pemerintah. Melalui upaya tersebut, diharapkan dapat mengendalikan inflasi secara makro di Jawa Timur.(Ik/red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button