Sparkling Magetan, Festival Batik Khas Magetan Piala Bupati Cup  2023

0
37

PewartaTV, Magetan – Fashion Show Batik Khas Magetan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  berlangsung meriah . Fashion Show itu berlangsung di depan Pendopo Surya Graha, pada Sabtu malam (22/7/2023).

Ada 105 peserta mulai tingkat Paud/TK sederajat hingga SMA/sederajat yang ikut dalam lomba, tidak hanya dari Kabupaten Magetan saja, namun luar Magetan juga turut memeriahkan fashion show Batik Khas Magetan tersebut. Juri dalam acara ini adalah Viky Diacahya, Robin Karebet, Pandra Shane,yang kesemuanya berasal dari luar Magetan dengan harapan untuk menjaga netralitas penilaian.

Berbagai batik asli Magetan yang ditampilkan seperti batik Pring Jalan, Ciprat Langitan Simbatan, Ciprat Pring Sedapur, Ciprat sayur hingga batik Kepolorejo.

Ketua DPC Katalia Magetan Sri Ratna Wijayanti menyampaikan, maksud dan niatnya ingin membuat putra putri berani menampilkan diri sehingga punya percaya diri punya intelegent dan daya saing yang tinggi, untuk menjadi insan mandiri dan berani berjuang di tengah persaingan global.

Sri Ratna  berharap, dengan adanya event ini, bisa memajukan dunia fashion yang ada di Magetan.

“Semoga kedepan dunia fashion terus berkembang. Selalu ada inovasi dan kreasi baru dengan adanya lomba,” pungkasnya.

Bupati Magetan, Suprawoto, mengatakan digelarnya acara ini sebagai upaya mengembangkan imajinasi MUA (make up artist-red) dalam menghadapi persaingan global. Selain itu juga untuk wadah Putra-Putri Magetan agar lebih percaya diri dalam menampilkan segala potensi daerah.

 “Magetan ini kaya potensi, oleh sebab itu mari cintai Magetan dengan menggunakan batik khas Magetan,” ungkap Bupati Suprawoto.

“ Bahwa ada sebuah profesi yang tidak kala menjanjikan yaitu sebagai disainer ya, sebagai pragawati, kalau ditekuni akan sangat bagus, untuk memberi ruang, yang kedua juga perajin Batik di Magetan sekarang ini sudah mencapai 66 perajin batik” tandas Bupati Suprawoto

Diakhir acara selain diumumkan juara untuk masing-masing kategori juga diumumkan juara umum dari gelaran fashion show, yang diraih oleh Najwa Kartika dari SMAN 2 Mejayan dengan mengenakan busana bertema Batik Jero.

Gelaran  Fashion Show Batik Khas Magetan juga dimeriahkan dengan “Fun Brewing Kopi”. Pastinya dengan menghadirkan kopi lokal asal Magetan yang digelar di Depan Gedung Tripandita

Selain untuk mempromosikan kopi asli Magetan, kegiatan ini juga ditujukan sebagai media edukasi proses pengolahan kopi dari hulu hingga hilir kepada peserta yang mayoritas pelajar. Selain Bupati Magetan, hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Magetan, Kapolres Magetan, Dandim, Kejari Magetan, Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono. (ik)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini