Serba - serbiSERBA-SERBIUncategorized

Sekolah Lansia Tangguh Desa Janggan Resmi Dibuka

MAGETAN, Pewartatv – Program Sekolah Lansia Tangguh resmi dibuka. Peresmian dilakukan oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB PP dan PA) Magetan Furiana Kartini, di Desa Janggan, Kecamatan Poncol. Senin (05/09/2022). Sekolah Lansia Tangguh merupakan program yang digagas pemerintah pusat .

Furiana Kartini, Kepala DPPKB PP & PA Kabupaten Magetan mengatakan, “sekolah lansia ini merupakan program BKKBN pusat dan merupakan pengembangan bina keluarga lansia/ BKL.

Sekolah lansia didirikan bukan sekadar untuk memberikan pelajaran terkait aspek kesehatan fisik, tetapi juga memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri, yaitu aspek sosial, psikologis,  ekonomi lingkungan dan spiritual.

“Diharapkan para  lansia juga mampu mencapai successful aging, yaitu dimana seseorang yang telah mencapai usia lanjut, mampu memiliki kesehatan fisik dan kognitif masih mampu melakukan kegiatan yang produktif, sehingga dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam hidupnya” kata Furiana

Sementara Bupati Magetan Suprawoto mengatakantujuan didirikannya sekolah lansia tangguh dan orang tua hebat di antaranya adalah meningkatkan kualitas kegiatan kelompok bina keluarga lansia (BKL) dalam mewujudkan lansia tangguh.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, “sekolah lansia juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman lansia tentang konsep smart dalam lingkup 7 dimensi lansia tangguh (spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial, professional vokasional dan lingkungan) dan meningkatkan pengetahuan lansia tentang proses menua sehat dan sakit, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku lansia tentang kesehatan  fisik dan mental.”

Selain itu sekolah lansia ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku lansia tentang kehidupan sosial dan ekonomi, serta untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku lansia tentang lingkungan  yang mendukung kehidupan lansia.

Diharapkan dengan adanya sekolah lansia tangguh ini, 7 dimensi lansia tanggung yang antara lain adalah dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi vokasional, dimensi sosial, dimensi lingkungan, dimensi hobi dan dimensi intelektual dapat terwujud di Kabupaten Magetan, khususnya di Desa Janggan Kecamatan Poncol.

Sekolah lansia tangguh ini akan menjadi contoh bagi kelompok-kelompok BKL di desa lain. Demikian juga dengan sekolah orang tua hebat BKB MERPATI IX di Kelurahan Selosari, akan menjadi contoh bagi pembentukan sekolah orang tua hebat bagi kelompok-kelompok BKB  yang lain.

Adapun peserta didik dari sekolah lansia tangguh Desa Janggan ini terdiri dari 60 lansia. Sedang untuk sekolah orang tua hebat terdiri dari 30 ibu-ibu yang memiliki balita. Dalam giat ini,  Bupati Suprawoto sekaligus menyerahkan bantuan kepada penderita Hydrosepalus dan bantuan kursi roda kepada salah seorang warga difabel.(ik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!