NasionalSerba - serbi

Sambangi Ngawi, Menteri BUMN Dukung Kembangkan Potensi Lokal

Wakil Bupati Ngawi (Kiri) Menteri BUMN Erick Thohir ( 2 Kiri) menerima cindera mata Wayang Puntadewa yang diserahkan Cak Yudho (3 Kiri). Foto : Kominfo

NGAWI,  Pewarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir sambangi Kabupaten Ngawi. Kedatangan Menteri BUMN di sambut Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko Jatmiko didampingi Forkopimda Ngawi, dan sejumlah pelaku seni di Kabupaten Ngawi.

Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan pihaknya ingin menumbuhkan serta meningkatkan perekonomian Nasional dengan bantuan di sektor  ekonomi di dalam negeri diantaranya pariwisata, budaya, kesenian dan hal lain yang menjadi potensi dalam negeri untuk bisa dijual keluar negeri.

“Kekuatan BUMN itu merupakan sepertiga ekonomi nasional karena itu kita juga melihat dan mendata bagaimana kita memperbaiki pariwisata Indonesia,” katanya saat  acara dialog  Budaya bertajuk “Merawat Budaya Bangsa” di Kepatihan Lama, Jalan Patiunus, Ketanggi, Ngawi, Sabtu (05/02/2022).

Dijelaskan Menteri BUMN, 72 persen industri wisata di Indonesia adalah  domestik sedangkan 28 persennya adalah wisata asing, dan ketika pandemi Covid-19 hanya turun 30 persen. Artinya, dijelaskan Erick  ketika mengkritik Garuda yang selalu terbang keluar negeri terus padahal didalam negeri punya kekuatan, “Kita akan lebih fokus membangun domestik daripada jalur internasional, karena lebih  baik jalur domestik,” tandasnya.

Selain itu, Erick Thohir juga memberikan apresiasinya untuk Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam mengembangkan potensi lokal seperti pembangunan pedestarian, merawat Kepatihan juga Benteng Van Bosch, “Hal ini merupakan salah satu kepedulian Pemkab Ngawi dalam melestarikan budaya dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Ngawi,” lanjutnya.

Untuk mengembangkan sejumlah potensi di Kabupaten Ngawi, Menteri BUMN, akan ikut mendukung sehingga nantinya bisa menjadi daya tarik dalam peningkatan ekonomi masyarakat,.

“Kita coba lihat kekuatan Kabupaten Ngawi yang bisa dibangun. Dan, nomor satu  pariwisata dan kebudayaan, kita coba akan bangun, juga  tentu yang penting  UMKM, dengan dampak pembukaan lapangan kerja, terus kita tingkatkan,” ujarnya.

 Sementara itu Perwakilan Paguyuban Seniman Mataraman Cak Yudho menyampaikan terima kepada Menteri BUMN RI yang telah hadir memenuhi undangan para Seniman Mataraman. “Saya mewakili dari seniman Ngawi mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Mas Erick Thohir. Di sela-sela kesibukan beliau yang sangat padat telah meluangkan waktu menyempatkan diri untuk memenuhi undangan kami dari seniman Ngawi,” jelas Cak Yudho.

Paguyuban Seniman Jawa Timur itu pun memberikan cinderamata berupa wayang Puntodewo sebagai simbol Erick Thohir sosok yang amanah.

“Cinderamata, souvenir dari kita seniman Ngawi, Puntodewo, tokoh wayang yang seorang pemimpin bijaksana, adil dan amanah. Harapan kita kedepannya, Pak Erick Thohir menjadi seperti Puntodewo, menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana,” ungkapnya

Cak Yudho dan ratusan seniman lain berharap pada Erick agar membawa terobosan dalam kesenian Indonesia. Mengingat seni dan budaya adalah jati diri dari Bangsa Indonesia.

“Kami seniman Kab. Ngawi percaya, titip budaya pada Mas Erick Thohir. Mengingat bahwa seni dan budaya itu adalah jati diri bangsa, budaya itu adalah identitas dari suatu bangsa, maka sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi seni dan budayanya,” pungkasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!