ADVETORIALSerba - serbiSERBA-SERBI

Rayakan Idul Adha di Dusun Ngepung, Bupati Ngawi Serahkan Seekor Sapi dan Tiga Kambing Kurban

Bupati Ngawi Ony Anwar saat penyerahan hewan kurban Minggu (10/07/2022).

NGAWI, Pewarta – Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah ini Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono beserta istri lakukan sholat Idul Adha di Masjid Baitul Huda Dusun Ngepung, Desa Legokulon, Kecamatan Kasreman, Minggu (10/07/2022).

Turut serta dalam kegiatan ini Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Forkompinda Ngawi, sejumlah pimpinan OPD dan masyarakat.

Dihari raya  ini, Bupati Ngawi menyerahkan hewan kurban seekor sapi dan tiga ekor kambing untuk Ta’mir masjid setempat.

Bupati Ony Anwar dalam sambutannya mengatakan hari ini kita merayakan hari raya idul adha atau hari raya qurban, terkandung makna yaitu adanya jiwa pengorbanan sebagai bentuk ketaatan umat beragama kepada Allah SWT.

“Dengan momentum hari idul adha mari kita teladani sikap nabi ibrahim dalam berkorban, dengan keikhlasan berkorban semoga kita selalu menjadi seorang yang bersyukur”. Tutur Bupati

Lanjut Bupati di tengah covid-19 yang masih belum berakhir, allah swt telah menguji kita kembali dengan munculnya wabah baru penyakit mulut dan kuku (pmk) yang melanda hewan peliharaan di beberapa wilayah di negara kita termasuk di kabupatenNgawi, hal ini tentunya sangat tidak kita harapkan terlebih hal ini terjadi di saat kita akan melaksanakan perayaan idul adha atau idul qurban.                                                                                                            

Munculnya wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) terhadap hewan telah berdampak pula pada penyelenggaraan qurban tahun ini. Dampak tersebut tentunya dirasakan langsung khususnya oleh saudara-saudara kita para pedagang daging dan para peternak di kabupaten Ngawi

Bupati menjelaskan pemerintah daerah bekerja sama dengan dinas dan instansi terkait telah melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan, baik secara medis maupun non medis, sebagaimana yang dilakukan pada saat wabah covid-19 .

” Untuk itu pada kesempatan ini juga saya mengingatkan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan qurban agar benar-benar dapat memilih dan memilah hewan yang sehat dan terjamin kesehatannya” jelasnya

Namun demikian cobaan serta ujian ini jangan sampai mengurangi niat kita untuk berqurban, masih banyak hewan-hewan lain yang masih sehat dan dapat dijadikan sebagai hewan qurban sesuai dengan yang disyariatkan oleh agama.

Hal ini tentunya menjadi peringatan pula untuk kita sama-sama renungkan, bagaimana kita  harus lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta (Allah SWT), serta sejauhmana kesabaran kita umat manusia mampu menghadapi cobaan dan ujian yang allah berikan.

 “ Pada akhirnya kita berharap semoga perayaan idul adha / idul qurban hari ini dapat membawa keberkahan, kemulyaan dan anugrah, sehingga kita semua memperoleh kemudahan dalam menjalani hidup di masa yang akan datang dalam bingkai kasih sayang  menuju ridha allah swt” pungkasnya

Usai sholat Id, berjamaah kemudian dilakukan penyembelihan hewan kurban secara bergantian, yang nantinya akan dibagikan untuk masyarakat di desa ini. (ik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button