Peristiwa

PT. INKA Beri Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada 375 Pelaku UMKM Biinaan

KOTA MADIUN, Pewarta –  PT INKA Persero melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada sebanyak 375 pekerja rentan masyarakat Kota Madiun. Secara simbolis penyerahan jaminan sosial tersebut berlangsung di Aula Gedung Lt 3 PT INKA, Rabu (20/4/2022).

Wali Kota Maidi yang hadir dalam acara langsung memberikan apresiasi kepada PT INKA terkait program tersebut.

 ‘’Saya terima kasih sekali ya. PT INKA sudah peduli dengan pekerja informal kita. Ini akan semakin melengkapi program yang sudah kita jalankan sebelumnya,’’ kata wali kota

Pemerintah Kota Madiun, lanjut wali kota, sudah menjalankan program jaminan sosial ketenagakerjaan ini sejak beberapa tahun lalu. Kali pertama, ada 4.292 pekerja yang diikutkan dalam program ini. Mereka yang mendapat program di antaranya PKL, penjual pentol, tukang las, penjual bakso, dan lain sebagainya. Program tersebut lantas diperluas melalui CSR PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun dengan sebanyak 1.144 pekerja. Kali ini, diperluas hingga modin, penarik gerobak sampah, guru ngaji, dan lain sebagainya.

‘’PT INKA punya UMKM binaan, dan mereka yang belum memiliki asuransi diikutkan program ini. Kalau perusahaan-perusahaan seperti ini, semua pekerja informal kita akan terlindungi,’’ ungkapnya.

Apalagi, program terbukti memberikan manfaat besar. Salah satunya, menekan angka kemiskinan. Sebab, mereka yang didaftarkan kebanyakan tulang punggung keluarga. Saat tulang punggung keluarga meninggal, ahli waris mendapatkan uang santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. Jika terdapat anak usia sekolah, maka akan disekolahkan sampai selesai. Artinya, saat pencari sumber penghasilan tiada, masih ada modal untuk ke depannya.

‘’Ada modin meninggal, sudah kita asuransikan. Istri modin itu sekarang bisa buka usaha jualan kecil-kecilan dari uang santunan kematian suaminya untuk menyambung hidup. Bayangkan kalau tidak ada itu. Susahnya seperti apa,’’ pungkasnya sembari berharap perusahaan lain juga melakukan hal serupa ke depan. (ik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!