Nasional

Presiden Ingatkan Pentingnya Antisipasi Mudik Lebaran 2021

Magetan, Pewarta – Presiden Joko Widodo menggelar rapat koordinasi bersama seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia, Rabu (28/4). Kegiatan yang berlangsung secara virtual itu juga diikuti oleh seluruh kepala daerah

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Pemerintah menargetkan pada 2021 ini terjadi peningkatan ekonomi hingga 4,5 – 5,5 persen. “Saat ini sudah hampir mendekati normal,” ungkapnya.

Upaya menjaga kestabilan ekonomi ini salah satunya dilakukan dengan penanganan Covid-19 yang tepat. Untuk itu, presiden mengimbau kepada kepala daerah melakukan antisipasi pemudik menjelang Lebaran 2021 sebagai upaya pencegahan penularan Virus Corona antardaerah.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pemerintah pusat, sekitar 33 persen penduduk Indonesia merencanakan mudik pada Lebaran 2021. Jumlah itu mengalami penurunan menjadi 11 persen setelah dikeluarkannya aturan larangan mudik.

“Juga terus menurun hingga menjadi tujuh persen setelah dilakukan sosialisasi. Namun, jumlah ini tetap wajib diantisipasi,” tuturnya.

Hal ini tak lepas dari tingginya penambahan kasus Covid-19 selama masa liburan tahun sebelumnya. Di antaranya pada Idul Fitri 2020, libur Agustus, libur Oktober, Nataru, dan libur Paskah 2021.

Tak hanya mengantisipasi arus pemudik, presiden juga mengimbau kepala daerah untuk terus mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat untuk pencegahan penularan Covid-19.

“Tugas pemerintah pusat menyediakan vaksin dan pemda menyuntikkan ke masyarakat. Sampai 27 April baru sekitar 19 juta dosis disuntikkan. Padahal target kita sampai Juli nanti sudah ada 70 juta orang tervaksinasi,” tandasnya (Is/red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button