Serba - serbi

Pedagang Pasar Dolopo Serbu Operasi Minyak Goreng Curah


Sejumlah pedagang antri membeli minyak goreng curah di Pasar Dolopo, Selasa (22/3/2022) foto: kominfo

MADIUN, Pewarta – Untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng curah yang saat ini yang sedang diburu masyarakat karena harganya yang terjangkau, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro menggelar operasi pasar di depan Pasar Dolopo, Selasa (22/3/2022).

Toni Eko Prasetyo, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro menjelaskan, operasi minyak goreng curah di daerah Kabupaten Madiun wilayah Selatan baru sekali dilakukan tepatnya di Pasar Dolopo. Kegiatan ini merupakan operasi pertama pasca pencabutan HET minyak kemasan. Pada kegiatan tersebut pemerintah Kabupaten Madiun memberikan kuota minyak curah 6000 liter untuk pedagang di Pasar Dolopo dan sekitarnya. Masing-masing pedagang pembeliannya dibatasi maksimal 60 kilogram.

Terkait dengan harga, Toni menjelaskan bahwa minyak curah tersebut seharga Rp 13.000 per liter, sehingga harga jual pada pembeli sesuai HET maksimal Rp.14.000/kg. Karena ketersediaan minyak curah belum begitu lancar, maka Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM akan terus melakukan pemantauan stok minyak curah di pasar dan mengintensifkan operasi di beberapa wilayah Kabupaten Madiun apabila ketersediaan masih tercukupi. “Dengan dilakukan operasi pasar dapat mempercepat distribusi minyak di Kabupaten Madiun, khususnya di daerah-daerah paling membutuhkan” harap Toni.

Terkait dengan dengan kemungkinan adanya kecurangan, Toni menyampaikan akan diberikan sanksi kepada pedagang yang menjual harga minyak di atas harga pasar. Untuk itu pihaknya juga akan melakukan sidak bersama dengan satgas pangan. “Kalau ada pedagang yang jual di atas harga pasar, akan kita berikan sanksi dan kita peringatkan kalau berulang kali nanti bisa turun dengan tim satgas pangan ” ujarnya.

Abdul Aziz, salah satu Pedagang di Pasar Dolopo menuturkan, bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar pada hari ini, mengingat kebutuhan minyak yang masih tinggi. (ik/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!