PEMERINTAHANPeristiwa

Optimalkan Pengelolaan Keuangan Desa, Pemkab Madiun Launching Siswaskeudes

Madiun, Pewarta – Untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan, sekaligus mempermudah pengawasan agar lebih transparan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melaunching Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) di Ruang Rapat Graha Eka Kapti, Caruban, Senin (28/6/2021)

Launching tersebut ditandai penekanan tombol sirine oleh bupati dan wakil bupati madiun serta disaksikan oleh Inspektur Kabupaten  Madiun, Agus Budi Wahyuono, asisten setda dan pimpinan OPD, sedangkan para camat, kepala desa dan sekdes se-Kabupaten Madiun mengikuti secara virtual untuk menghindari kerumunan.

Bupati Madiun dalam sambutannya juga menegaskan, aplikasi siswaskeudes ini sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa. Aplikasi ini dilaunching bersama untuk menimbulkan kesadaran, bahwa evaluasi itu perlu. Dikatakan Bupati, evaluasi dilaksanakan dengan baik sebagai materi untuk pengambilan kebijakan dan keberhasilan kinerja. “Prioritas program kegiatan bisa dibaca dari evaluasi,” tambah Bupati.

Bupati menyadari tidak semua kades dan sekdes bisa membaca aplikasi siswaskeudes, namun tidak perlu khawatir karena pihaknya akan mengawal terus untuk membawa kebaikan di desa. Untuk itu, kalau ada evaluasi dari inspektorat, Bupati minta semua desa tidak ragu untuk membukanya.

 “Saya meyakini jika aplikasi ini terlaksana dengan baik, mal administrasi dan penyelewengan bisa dieliminir karena akan terdeteksi pada saat perencanaan,” terang Bupati seraya menambahkan orientasi dari semua ini untuk menekan kemiskinan di Kabupaten Madiun.

Bupati berpesan kepada seluruh kades agar melakukan peningkatan PPKM mikro untuk menjaga masyarakatnya dari bahaya covid. Menurutnya, jika ada warga yang abai prokes, akibatnya tidak saja berbahaya bagi diri dan orang lain, tapi juga ekonomi.” Pungkasnhya (ik/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!