ADVETORIALBUDAYADESADesaWisata

Nguri-uri Budaya Jawa, Desa Banget Gelar Bersih Desa

NGAWI, Pewartatv – Budaya asli Indonesia khususnya jawa mulai asing bagi generasi penerus, perlunya melestarikan budaya jawa agar tetap dikenal oleh generasi muda dan tidak punah. Oleh karena motivasi tersebut, Kamis (07/07/2022)  Pemerintah Desa Banget Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi menyelengarakan acara Bersih Desa atau biasa dikenal dengan sebutan Nyadran yang dilaksanakan di Dusun Ngadipait Desa Banget.

Bersih Desa (Nyadran) adalah adat atau tradisi Desa yang dilaksanakan dalam setahun sekali yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat yang diberikan .” Inti dari acara ini yaitu berdoa bersama – sama untuk keselamatan dan kesehatan bagi seluruh masyarakat yang ada. Selanjutnya berbagi makanan yang sudah disiapkan oleh masyarakat sekitar” ,ucap Hariyono Kades Banget.

Kades menambahkan,”Bersih Desa (Nyadran) merupakan salah satu kegiatan yang patut dilestarikan untuk menjaga kelestarian budaya dan adat istiadat supaya tetap eksis di era modern seperti. Nguri – uri budaya Jawa adalah tangung jawab bersama salah satunya dengan kegiatan Bersih Desa (Nyadran) ini.

Selain itu banyak hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini mulai dari segi agama, kebersamaan, persatuan dan kerukunan sesam warga masyarakat. Diharapkan kegiatan ini tetap berlanjut dan dapat memupuk tali persaudaraan antar masyarakat.tukasnya. adv-az

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!