Peristiwa

Ngawi Raih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 Kategori Utama

Foto : Kominfo Ngawi

NGAWI, Pewarta – Kabupaten Ngawi berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diberikan kepada pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG.

Sehingga pihak yang berhasil dinilai dalam mencapai dan menunjukkan komitmennya dalam pencapaian kesetaraan gender ini dianggap perlu diberikan apresiasi.

Untuk penghargaan APE kali ini, Kabupaten Ngawi berhasil menerima kategori utama atau peletakan dasar dan keberlanjutan. Sementara kategori penerima APE terdiri empat kategori yakni tingkat pratama (pemula), madya (pengembangan), utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan mentor.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Ngawi, dr. Nugrahaningrum mengatakan untuk mempertahankan predikat utama ini dengan melakukan sejumlah strategi diantaranya kegiatan sosialasi terkait kesetaraan gender, serta meluruskan pemahaman seluruh leading sektor tentang kesetaraan gender.  Selain itu juga meningkatkan indikator diangka 92,19 persen,

“Artinya bahwa di Kab. Ngawi sudah beriringan dengan Indikator Pembangunan Manusia (IPM) kalau sudah IPG dan IPM seiring itu menunjukan bahwa ketimpanagan atau jeda antara gender laki dan perempuan anak disabilitas dan kelompok rentang yang lainnya sudah hampir teratasi,” jelasnya.

Sementara itu,¬† Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menyampaikan capaian predikat utama ini merupakan bentuk komitmen secara konsisten dalam menjalankan program mengenai kesetaraan gender. “Orang dengan berkebutuhan khusus, termarginalkan selama ini bisa terfasilitasi dengan lebih baik bahkan kedepan akan dimasukan kedalam bahasan perencanaan pembangunan di Kabupaten ¬†Ngawi sehingga kesetaraan ini bisa inklusif dan berkeadilan,” ungkapnya. (ik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button