Musabaqah Tilawatil Quran Sambut Hari Jadi Pemkab Madiun ke-456

0
35

PEWARTATV, MADIUN – Pemerintah Kabupaten Madiun mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Madiun di Pendapa Muda Graha Pemkab Madiun pada Selasa (2/7/2024).

Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-456. Dengan tema “MTQ Membangun Generasi Cinta Al-Quran Menuju Madiun Maju dan Bermartabat”.

Diikuti 332 peserta dari 15 kecamatan di Kabupaten Madiun. Lomba ini terbagi menjadi 9 cabang. Antara lain: tartil, tilawah anak, remaja, dan dewasa, serta Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) 1 Juz, MHQ 10 Juz, Musabaqoh Fahmil Quran (MFQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), dan Khat Al-Quran.

Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto menyampaikan apresiasi kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam MTQ ini. Dia berharap acara ini akan menjadi langkah awal untuk MTQ tahun depan.

“Selamat kepada para peserta dari berbagai kecamatan yang telah mengikuti dan melaksanakan kegiatan MTQ ini,” tutur Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto.

Pj Bupati juga menambahkan bahwa MTQ tahun depan direncanakan akan dilaksanakan tidak hanya di tingkat kabupaten tetapi juga di tingkat kecamatan.

“Sementara ini, MTQ dikoordinasikan oleh Bagian Kesra Kabupaten Madiun, tetapi kami berharap bahwa pada tahun 2025, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sudah dapat melaksanakan acara ini secara mandiri,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Madiun, Muhammad Jazuli menambahkan, selain dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Madiun yang ke 456, MTQ juga digelar sebagai ajang seleksi untuk mewakili Kabupaten Madiun di MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Jember, pada Oktober 2025 mendatang.

Sebelum diberangkatkan mewakili Kabupaten Madiun di tingkat provinsi, para juara MTQ ini harus melalui pembinaan dan seleksi yang dilakukan tiga bulan sekali untuk memastikan kualitas para juara tidak berubah.

“Jadi juara-juara ini belum tentu mewakili Kabupaten Madiun ke tingkat provinsi, karena masih ada pembinaan dan seleksi lagi untuk memastikan kelayakan mewakili ke tingkat provinsi,” ujar Muhammad Jazuli.

Ia berharap, prestasi Kabupaten Madiun di ajang MTQ provinsi Jawa Timur yang selama ini sudah masuk dalam jajaran 10 besar, bisa lebih ditingkatkan lagi melalui seleksi dan pembinaan yang kontinyu.

“Mudah-mudahan Kabupaten Madiun yang tahun lalu ranking 10, tahun depan di Jember bisa lebih baik peringkatnya,” ungkapnya. (ant/adv)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini