Peristiwa

Makin Cepat , Proses Vaksinasi di Ponorogo Kurang dari Satu Jam

Ponorogo, Pewarta – Pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 di Ponorogo semakin cepat. Setiap warga yang ingin disuntik memerlukan waktu kurang dari satu jam dari tiba sampai harus meninggalkan lokasi vaksinasi massal.

Sejumlah warga mengaku, vaksinasi yang dijalaninya tidak seperti yang dibayangkan. Mereka tidak harus antre berkepanjangan hingga aktifitasnya terganggu. Mereka bisa bisa mendapatkan jatah dosis suntikan pengebalan tubuh dan bisa segera kembali ke tempat kerja atau pulang ke rumah.

Vaksinasi massal covid-19 kali ini menyasar sekitar 5 ribu warga dengan dua hari pelaksanaan, yaitu pada Kamis (15/7/2021) dan Jumat (16/7/2021). Pelaksanaannya di Gedung Sasana Praja. Sasaran vaksinasi adalah warga berusia 18 tahun ke atas. Mereka mendaftar secara online melalui laman yang disediakan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, yaitu di https://dinkes.ponorogo.go.id/vaksin.

Ketua Bidang Pelaksana Satgas Vaksinasi Covid-19 Ponorogo Hermansyah, mengatakan, dari waktu ke waktu, vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan Ponorogo memang semakin cepat bagi warga. Dalam hitungannya, setiap peserta vaksinasi butuh waktu sektiar satu jam. Yaitu dimulai dari mengisi formulir, screening, pemeriksaan tekanan darah, penyuntikan, observasi sampai mendapatkan kartu vaksin.

“Memang ada beberapa hal yang membuat makin cepat. Banyak efisiensi yang dilakukan. Dan kita juga melakukan banyak evaluasi setiap kali melaksanakan kegiatan ini,” tutur Hermansyah, Kamis (15/7/2021)

Hermaqnsyah menjelaskan, faktor yang mempercepat proses vaksinasi massal antara lain adalah pemampatan meja pelayanan menjadi hanya dua meja. Kemudian screening dan penyuntikan yang semakin dikuasai oleh petugas. Lalu ada juga penambahan personel dalam pencatatan dan input data untuk warga yang telah divaksinasi.

Faktor lain adalah masyarakat yang cukup sadar dengan model shift atau giliran jam pelayanan. Dengan begitu tidak terjadi penumpukan peserta vaksinasi pada jam-jam tertentu.

“Ya kalau sudah begini ya nyaman buat semua. Baik masyarakat maupun petugas. Percepatan vaksinasi covid-19 kami yakini bisa terlaksana dengan baik. Warga bisa segera beraktifitas kembali, artinya tetap produktif karena tidak terlalu lama meninggalkan tugasnya atau bisa segera pulang ke rumahnya,” tutup Hermansyah.(ns/sat)

Sumber: Kominfo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!