Peristiwa

Mahasiswa KKN UNS mengadakan Sosialisasi Pembuatan Ecobrick untuk Ibu Ibu PKK di Kelurahan Maospati

MAGETAN, Pewarta – KKN UNS Kelompok 135 Kelurahan Maospati mengadakan sosialisasi dan demo pembuatan kursi dari ecobrick 7-12 Februari 2022. Sosialisasi yang dilakukan pada 5 RW, ini menyasar pada kelompok PKK yang merupakan kelompok wanita di setiap RW di kelurahan tersebut. Hal ini merupakan upaya dalam menanggulangi permasalahan sampah plastik dan botol yang banyak terjadi terutama di kelurahan tersebut.

Sampah plastik menjadi masalah yang cukup penting di wilayah Maopsati. Pengelolaan sampah plastik tentu perlu dilaksanakan dengan segera mengingat sampah plastik merupakan jenis anorganik yang tidak dapat terurai. Diperlukan pengelolaan sampah pada jenis ini, salah satunya melalui pembuatan ecobrick. Oleh sebab itu, kelompok 135 KKN UNS mengadakan sosialisasi pembuatan ecobrick untuk mengurangi permasalahan sampah di Kelurahan Maospati.

Pembuatan ecobrick merupakan pengisian botol plastik dengan sampah sampah kering yang bersih, kemudian ditekan dan dipadatkan, sehingga menciptakan bentuk seperti batu bata. Ecobrick ini kemudian dapat dimanfaatkan menjadi barang baru yang bernilai ekonomis dan mengurangi volume sampah plastik. Bekerjasama dengan Bank Sampah Sapu Jagat, ecobrick ini kemudian disulap menjadi kursi yang bernilai jual tinggi.

“Ada praktek sampah bisa jadi kursi, harga jual akan lebih tinggi dan dapat menambah ekonomi rumah tangga” ungkap Sarbini, Kepala Kelurahan Maospati saat sambutan di RW 01 (7/1).

 “Jika dirumah suka masak menghasilkan bekas bumbu atau sachetan, tolong mulai sekarang jangan dibuang karena dapat dijadikan barang yang memiliki nilai ekonomi” ungkap Juli Kuswanto, Pengurus Bank Sampah Sapu Jagad saat sosialisasi di RW 03 (9/1).

Pengadaan sosialisasi pembuatan ecobrick ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada warga di Kelurahan Maospati tentang cara pengelolaan sampah agar dapat menghasilkan barang yang bermanfaat dan bernilai. Sehingga selain dapat mengurangi sampah, juga dapat meningkatkan perekonomian.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button