Peristiwa

Mahasiswa KKN UNS Mengadakan Sosialisasi Optimalisasi Bank Sampah untuk PKK di Kelurahan Maospati

MAGETAN, Pewarta – Mahasiswa KKN UNS mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya peran bank sampah di Kelurahann Maospati. Kegiatan bertajuk “Sosialisasi Optimalisasi Bank Sampah” ini dilakukan di 5 RW Kelurahan Maospati ini bekerjasama dengan program PKK yang menyasar pada ibu rumah tanggal 7-12 Februari 2022.

Sampah menjadi permasalahan utama yang terjadi di Kelurahan Maospati. Permasalahan sampah ini salah satunya disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat setempat mengenai pengelolaan dan pemilahan sampah dari huunya, yakni rumah tangga.  

“Faktor utama masalah sampah adalah Ibu Rumah Tangga karena rata-rata di Indonesia dan dimanapun juga menjadi penghasil sampah terbanyak” Ungkap Juli Kuswanto, Pengurus Bank Sapu Jagad Magetan (9/1).

Sosialisasi ini menjalin kerjasama dengan Bank Sampah Sapu Jagat Magetan, serta dua bank sampah Kelurahan Maospati, yakni Bank Sampah Berseri dan Bank Sampah RW 1. Hal ini sebagai upaya dalam menghidupkan kembali Bank Sampah yang ada.

Diketahui bahwa di Kelurahan Maospati memiliki dua bank sampah sehingga pelaksanaan sosialisasi optimalisasi bank sampah ini mendorong setiap RW di Kelurahan Maospati untuk mendirikan bank sampah. Selain itu program ini berupaya untuk menyadarkan seluruh warga Maospati guna ikut serta dalam pengelolaan sampah di bank sampah.

“Sosialisasi yang diadakan oleh KKN UNS ini harapannnya memotivasi kita semua untuk penanganan sampah yang ada di Kelurahan Maospati” ungkap Sarbini, Kepala Kelurahan Maospati saat acara sosialisasi diselenggarakan di Bank Sampah Sapu Jagat (8/1).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button