Serba - serbiSERBA-SERBI

Magetan Boyong 3 Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

MAGETAN, Pewarta – Kabupaten Magetan meraih tiga penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2021” dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Bupati Magetan Suprawoto dan Wakil Ketua DPRD Magetan, Pangayoman hadir langsung menerima penghargaan di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI, Rabu (20/07).

Tiga Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 yang didapat:

1.    Bupati Kabupaten Magetan menerima Terbaik III untuk Kepala Daerah Tingkat Kabupaten Kategori Kabupaten Sedang

2.    DPRD Kabupaten Magetan menerima Terbaik III untuk DPRD Tingkat Kabupaten Kategori Kabupaten Sedang

3.    Pemkab. Magetan menerima Terbaik III untuk Pemerintahan Daerah Kategori Kabupaten Sedang

Selama periode 2020-2021, Pemkab. Magetan telah melakukan banyak inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup daerah. Pertama adanya Gerakan Wajib Menanam Pohon yang berdasarkan pada Peraturan Bupati Magetan Nomor 11 Tahun 2020. Dalam Peraturan Bupati tersebut, penanaman pohon diwajibkan kepada CPNS, CPPPK, PNS yang naik pangkat dan calon pengantin pria maupun wanita.

Kedua, Aksi Kali Bersih (Si Kasih) yang mengajak pelajar se-Kabupaten Magetan untuk peduli dan membersihkan kali (sungai) yang ada di Magetan. Kemudian Gotong Royong Reboisasi dan Penghijauan Magetan (GRRPM). Di mana pada tahun 2021 sebanyak 2500 bibit pohon ditanam meliputi bibit pohon beringin, aren dan alpukat, serta 1000 vetiver. Dan masih banyak inovasi yang dilakukan Pemkab. Magetan dalam pengelolaan lingkungan hidup daerah

Penghargaan Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan yang diberikan setiap tahunnya ini, berharap setiap pemimpin daerah memiliki konsep Green leadership—kepemimpinan yang berwawasan lingkungan, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif yang diwujudkan melalui kebijakan dan aksi nyata untuk kepentingan orang banyak dan alam semesta melal (kominfo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!