Serba - serbi

Lomba Inotek, Ajang Menjaring Potensi Masyarakat

Foto : Diskominfo Magetan

MAGETAN, Pewarta – Dalam rangka menstimulan dan menjaring ide-ide kreasi dan inovasi masyarakat serta menunjang pengembangan wilayah Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Bappeda Litbang Magetan mengadakan lomba Inovasi dan Teknologi (Inotek) Tahun 2021 kategori pelajar dan umum.

Total ada 23 peserta kategori pelajar mengikuti tahap penjurian langsung di Ruang Rapat Ki Mageti, kantor Setdakab Magetan pada Selasa 19 Oktober 2021. Sedang  kategori umum akan dilaksanakan  pada tanggal 21 Oktober 2021.

Noor Majid, salah satu anggota tim juri menyatakan bahwa Lomba Inovasi dan Teknologi ini diadakan untuk menjaring potensi masyarakat di Magetan terkait,  inovasi dan teknologi baik dari kalangan pelajar maupun umum. Pemkab  berharap dengan adanya lomba Inotek ini dapat membantu pelajar untuk mengembangkan diri. Ketika ada kemauan untuk mengungkapkan gagasan atau ide akan terus terbawa sampai perguruan tinggi.

“Untuk kriteria penilaian akan dilihat dari sisi keaslian ide, selain segi kemanfaatan inovasi dan teknologi tersebut bagi sekolah, instansi maupun Pemerintah Kabupaten Magetan, “ tambah Majid. Penilaian sendiri, dilakukan oleh 7 juri yang berkompetensi di bidangnya. Dimana proses penilaiannya, setiap juri berkeliling dan melakukan wawancara kepada peserta mengenai inovasi dan teknologi yang dilombakan.

Salah satu inovasi, adalah pembuatan pupuk organik cair dari keong sawah, yang merupakan hasil karya Tim SMA 1 Maospati, selain itu pemanfaatan limbah limbah minyak jelantah yang dijadikan lilin ramah lingkungan juga merupakan salah satu karya peserta yaitu tim SMA Negeri 1 Plaosan. (ik/diskominfo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!