DaerahPeristiwa

Launching SMK National Showcase di Sterida, Wagub Emil Berharap Pendidikan Vokasi Mampu Menjawab Realita Landscape Ekonomi Masa Depan

PONOROGO, Pewarta – Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) saat ini memang cocok dan pantas sebagai format pendidikan untuk generasi muda. Untuk itu, saat ini Pemerintah bersama Dinas Pendidikan fokus untuk terus mendorong kemajuan SMK.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Launching National Showcase SMK Binaan Astra Group di SMK PGRI 2 Ponorogo, Kamis (12/05/2022).

Selain Wagub Emil, hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko,  Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo Syamhudi Arifin, serta Triyanto selaku Head of CSR & Social Engagement Department PT Astra Internasional Tbk.

“Atas nama Pemprov Jatim, kami akan ikut mendorong kemajuan SMK. Karena kemajuan pendidikan vokasi bisa menjadi jawaban untuk realita landscape ekonomi di masa mendatang,” ungkap Wagub Emil Dardak.

Menurutnya, SMK saat ini bisa menjadi solusi permasalahan ekonomi serta terbukti telah berhasil mengurangi angka pengangguran karena lulusan SMK banyak yang langsung kerja di perusahaan besar.

“SMK juga menjadi solusi permasalahan di dunia kerja karena kurikulum di SMK telah didesain sesuai kebutuhan industri. Apalagi seperti yang terlihat di SMK PGRI 2 Ponorogo yang merupakan binaan Astra ini. Semoga nantinya lahir lulusan lulusan berkualitas dari pendidikan vokasi yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo Syamhudi Arifin menjelaskan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan semua keluarga besar sekolah yang lebih dikenal dengan sebutan STERIDA. Pihaknya akan memberikan bukti bukan hanya janji dengan adanya target evaluasi program selama 6 bulan kedepan.

“Mewakili keluarga besar Sterida, kami bangga dan sangat bersyukur dengan capaian ini. SMK tidak lagi dipandang sebelah mata, SMK mampu mengimbangi sekolah negeri lainnya. Untuk 6 bukan kedepan, lihat hasilnya saja karena kami tidak mau hanya menebar janji,” tandas Syamhudi Arifin. (ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!